Mohon tunggu...
YULIA ENDANG PURWANTI
YULIA ENDANG PURWANTI Mohon Tunggu... Guru - Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup itu perjuangan.., berjuang menjadi insan yang lebih baik dalam pandangan Allah dan manusia..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 2.1

24 Oktober 2023   14:42 Diperbarui: 24 Oktober 2023   14:46 2233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Forum Komunikasi Fasilitator dan Peserta Modul 2.1

Assalamualaikum Warahmatullah

Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari Kota Cimahi Provinsi jawa Barat , Unit Kerja SD Negeri Cibabat Mandiri 2 . 

Tulisan kali ini saya akan memaparkan Modul 2.1 tentang Forum Komunikasi antara Fasilitator dan Peserta , ini merupakan kesempatan bagi saya untuk memahami apa dan bagaimana Pembelajaran Berdiferensiasi dan pengimplementasiannya. Pada Forum ini CGP di beri kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada Fasilitator dan pertanyaan yang saya ajukan adalah:

1. Bagaimana penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Efektif dan Efesien sehingga tercapai Tujuan Pembelajaran yang Optimal bagi seluruh murid termasuk Anak Berkebutuhan Khusus ?

2. Apa dan bagaimana Pemetaan Murid berdasarkan Aspek Kesiapan Belajar ? jika dari Aspek ini terbentuk kelompok murid yang pintar-pintar saja, dan atau yang kurang-kurang saja, bagaimakah cara menyikapinya ?

3. Pada Pemetaan berdasarkan Aspek Profil belajar murid apa saja yang menjadi dasar pengelompokkan murid pada proses pembelajaran?

4. Pada satu titik temu pengelompokkan akan terbentuk kelompok anak-anak istimewa/uang berkebutuhan khusus, bagaimana cara penanganan kelompok tersebut dengan menerapkanpembelajaran berdiferensiasi yang relevan dengan karakter dan kemampuan akademik mereka ?

5. Aspek minat menjadi satu cara dalam mengelompokkan murid dalam memetakan kemampuan mereka, bagaimana jika 70% dari muird dalam satu kelas terdata mintanya di olahraga , bagaimana menyikapinya dengan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi ?

Demikian pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan, bisa dijadikan sebagai referensi . 

Terimakasih semoga  bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun