Mohon tunggu...
YULIA ENDANG PURWANTI
YULIA ENDANG PURWANTI Mohon Tunggu... Guru - Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup itu perjuangan.., berjuang menjadi insan yang lebih baik dalam pandangan Allah dan manusia..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Keterkaitan Budaya Positif Dengan Modul 1.1-1..2-1.3

16 Oktober 2023   22:09 Diperbarui: 16 Oktober 2023   23:00 1015
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Keterkaitan Budaya Positif Dengan Modul 1.1-1..2-1.3

Assalamualaikum Warahmatullah 

Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti CGP Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat, Unit Kerja SD Negeri Cibabat Mandiri 2.

Tulisan kali ini saya akan memaparkan tentang Keterkaitan antara Budaya Positif dengan Modul yang sudah saya pelajari sebelumnya yaitu Modul 1.1-1.2- dan 1.3, sebagai pemenuhan tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.4.

Tugas ini dibuat dengan Tujuan khusus yaitu saya sebagai calon guru penggerak memahami keterkaitan konsep budaya positif dengan materi pada modul 1.1-1.2-1.3 kemudian saya dapat menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah. 

Berikut paparan saya, akan saya tuliskan sesuai pertanyaan pemantik yang terdapat pada modul ;

A. Kesimpulan 

Kesimpulan mengenai peran saya dalam menciptakan budaya positif di sekolah dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif , motivasi perilaku manusia (hukuman dan penghargaan), posisi kontrol, restitusi, keyakinan sekolah/kelas,segitiga restitusi, dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu filosofi Pendidikan Nasional KHD serta visi guru penggerak.  

Sebagai seorang guru yang profesional harus memiliki kemampuan dalam mewujudkan budaya positif di sekolah. Budaya Positif tersebut dapat dijalankan dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif, memahami motivasi perilaku manusia berkaitan dengan hukuman dan penghargaan, posisi kontrol seorang guru, pembuatan keyakinan sekolah/kelas  dan penerapan segitiga restitusi,dalam penyelesaian masalah . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun