1.4.a.4.6. Restitusi - Segitiga Restitusi_Eksplorasi Konsep Modul 1.4
Assalamualaikum Warahmatullah..
Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti S.Pd, CGP Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat Unit Kerja SD Negeri Cibabat Mandiri 2.Â
Kali ini saya akan memaparkan Materi dalam rangka pemenuhan Tugas 1.4.a.4.6. Restitusi - Segitiga Restitusi_Eksplorasi Konsep Modul 1.4. Saya akan jabarkan perhalaman mulai halaman 1-8.
Page 1
Dalam pembahasan materi Segitiga Restitusi CGP diharapkan dapat mencapai Tujuan khusus sbb; CGP menjelaskan restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif pada murid sebagai bagian dari budaya positif di sekolah. CGP dapat menerapkan restitusi dalam membimbing murid berdisiplin positif agar menjadi murid merdeka. CGP dapat menganalisis dengan sikap reflektif dan kritis penerapan disiplin positif di lingkungannyaÂ
Page 2
Restitusi dikembangkan oleh Pakar pendidikan Diane Gossen yang berdasarkan pada teorinkontrol Dr. William Glassen, Segitiga Restitusi adalah suatu proses dialog yang dijalankan oleh gurur atau orangtuan agar dapat menghasilkan murid yang mandiri dan bertanggung jawab. Segitiga Restitusi mempunyai tiga langkah yang digambarkan pada ketiga sisi segitiga restitusi ; sisi kesatu yaitu menstabilkan identitas, sisi kedua yaitu validitas tindakan yang salah, dan sisi ketiga yaitu menanyakan keyakinan.Â
Page 3
Dengan menjalankan segitiga Restitusi , dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan bermakna dihrapkan murid menjadi lebih kuat secara pribadi. Membuka wawasan murid agar dapat menyelesaikan permasalajan sendiri. Murid semakin percaya diri, mandiri dan merdeka.Â
page 4
Posisi kontrol pemantau dan manajer, karena dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pak kepada Adi dan Mario dapat di pahami dan disimpulkan bahwa pak Joko memantau apa yang sudah terjadi dan dilanjutkan dengan posisi kontrol manager dengan menanyakan keyakinan kelas untuk menggiring mereka mengingat dan kembali ke tujuan semuala untuk konsekuen melaksakan keyakinan kelas yang telah mereka buat.
Page 5
 kesenangan dan kebebasanÂ
Page 6
Menstabilkan Identitas : Bapak disini bukan untuk mencari siapa yang salah, Bapak disini untuk mencari penyelesaian sama-sama. Validasi tindakan: Kalian pasti melakukan itu ada alasannya ya Mencari Keyakinan; Sekarang mari kita bicara tentang keyakinan kelas dan keyakinan sekolah kita. Apa yang kita percaya? Yang mana yang kalian belum tunjukkan?
Page 7
1.Kesediaan orang yang melakukan kesalahan untuk memperbaiki masalah ( perlunya kesadaran diri dari Mario dan Adi untuk memahami, menyadari kesaalahan yang mereka lakukan adalah suatu kesalahan dan mereka mau memperbaikinya.
 2.perlu adanya usaha perbaikan dari pihak yang berbuat salah,( Mario dan Adi segera memohon maaf secara langsung kepada bu Dina.).
Page 8
Dengan memahami Struktur Segitiga Restitusi diharapkan guru dapat menerapkan posisinya sebagai manager dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan bermakna yang dapat membuat murid menjadi lebh percaya diri, bertanggung jawab, dan mandiri. Â
Demikian paparan saya, semoga  bermanfaat.Â
Terimakasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H