1.4.a.4.5. Restitusi - Lima Posisi Kontrol_Eksplorasi Konsep Modul 1.4
Assalamualaikum WarahmatullahÂ
Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti,S.Pd, CGP Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat , Unit Kerja SD Negeri Cibabat Mandiri 2.
Kali ini saya akan memaparkan tugas Eksplorasi Konsep Modul 1.4_Restitusi-Lima Posisi Kontrol 1.4.a.4.5.
Page 1
Pembelajaran kali ini dengan Tujuan Pembelajaran Khusus sbb; CGP dapat melakukan refleksi atas praktik disiplin yang dijalankan selama ini dan dampaknya untuk murid-muridnya. CGP dapat menerapkan disiplin restitusi di posisi Manajer, minimal pemantau agar dapat menghasilkan murid yang bertanggung jawab, mandiri dan merdeka. CGP dapat menganalisis secara kritis, reflektif, dan terbuka atas penemuan diri yang didapatkan dari mempelajari 5 posisi kontrol.
Page 2
Pada kasus Tisa dan Hana saya akan menindaklanjuti pengaduan dari ibunya Tisa, hal yang akan saya lakukan pertama-tama adalah mengecek aduan tersebut apakah benar, dan memerikasa bukti terkait aduan tsb, kemuadian saya mendiskusikan dengan wali kelas murid ybs untuk mencari sumber permasalahan, hal apa yang menyebabkan Hana berbuat demikian, saya akan bekerja sama dengan wali kelas, PKS Kesiswaan, Pembina Osis, untuk mencari tau , memahami latar belakan keluarga Hana, saya meminta wali kelas untuk melakukan pendekat secara personal.Â
Ketika Tisa dan Hana saya panggil ke ruang KS, maka yang harus dilakukan adaalah menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru, tuntun , bimbing Hana untuk meminta maaf kepada Tisa dengan penuh kesadaran diri tanpa paksaan , sehingga mereka dapat berdamai dan tidak ada konflik setelah keluar dari ruangan KS. Â
Beri arahan semua murid untuk bijaksana dalam bersosial media, adakan diskusi terbuka, beri mereka kesempatan dan kebebasan mengutarakan pendapat tentang nilai positif dan apa pengaruh negatif jika kita tidak bijak dalam memanfaatkan sosial media sebagai media canggih di masa kini. Bukan hanya Hana yang harus diberi pengertian tentang cara bijak bersosmed namun seluruh murid di SMA Makmur.Â
Begitupun dengan Anto gunakan strategi pendektan yang lebih personal, buat kesepakatan bagaimana aturan point penting yang harus dilakukan selama PJJ mereka yang menyusun aturan-aturan tsb dan konsekuensi yang didapat jika taat atau melanggar, sehingga mereka mempunyai komitmen selama pembelajaran dan mereka tahu apa konsekuensinya