Mohon tunggu...
YULIA ENDANG PURWANTI
YULIA ENDANG PURWANTI Mohon Tunggu... Guru - Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup itu perjuangan.., berjuang menjadi insan yang lebih baik dalam pandangan Allah dan manusia..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.4.a.4.3. Keyakinan Kelas _Eksplorasi Konsep Modul 1.4

4 Oktober 2023   13:10 Diperbarui: 4 Oktober 2023   13:13 21130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1.4.a.4.3. KEYAKINAN KELAS _EKSPLORASI KONSEP MODUL 1.4

Assalamualaikum Warahmatullah 

Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti, S.Pd CGP Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat , Unit Kerja SD Negeri Cibabat Mandiri 2.

Kali iini saya akan memaparkan Materi 1.1.a.4.3 Keyakinan Kelas_Eksplorasi Konsep Modul 1.4.

Page 1

Tujuan Pembelajaran Khusus yang ingin di capainoleh semua CGP setelah mempelajari sub modul ini dengan materi Keyakinan Kelas adalah :
1. CGP dapat menganalisis pentingnya memiliki keyakinan sekolah/kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas.
2. CGP dapat menjelaskan proses pembentukan dari peraturan-peraturan beralih ke keyakinan kelas.
3. CGP akan dapat berpikir kritis, kreatif, reflektif, dan terbuka dalam menggali nilai-nilai yang dituju pada peraturan yang ada di sekolah mereka masing-masing.

Page 2

Mengapa keyakinan kelas ? mengapa tidak peraturan kelas saja ?
Keyakinan kelas terbentuk atas dasar kesepakatan semua murid dengan tuntunan dan bimbingan guru, keyakinan kelas merupakan hasil diskusi , mufakat bersama, apa saja yang menjadi aturan yang dituangkan , point apa saja yang di masukkan ke dalam keyakinan kelas yang dibuat serta apa konsekuensi yang di terima jika kita melaksanakan atau melanggar keyakinan tersebut.
Sementara Peraturan Kelas di buat, disusun oleh satu pihak yaitu guru tampa adanya konsekuensi bersam, sehingga rewand atau punishment yang di terima merupakan satu arah sebagai imbas dari aturan yang ditetapkan sepihak oleh guru.

Page 3

Nilai-nilai kebajikan yang saya tentukan dan saya jadikan perhatian utama adalah beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berahklak mulia , kemudian diikuti dengan nilai kebijakan yang lain yaitu; mandiri, kreatif, bernalar kritis, gotong royong dan berkebhinekaan global. 

Page 4 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun