Forum Komunikasi Modul 1.1
Modul 1.1.A. Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.
Assalamualaikum Warahmatullah..
Halo, perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti, S.Pd, CGP Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat dari SD Negeri Cibabat Mandiri 2 .
Setelah menyimak video dari Kemendikbud dengan Nara sumber Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Bapak Dr. Iwan Syahril, P.Hd. tentang Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, dan membaca beberapa makalah dari modul 1.1 , maka saya mencoba menyimpulkan bahwa Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara antara lain adalah sbb:
1. Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Â Dari point penting ini dapat diketahui koneksitas yang tidak bisa dipisahkan antara pendidikan dan kebudayaan yang merupakan kesatuan yang utuh, dimana pendidikan menjadi landasan pembentukan peradaban bangsa, maka "Guru bekerja untuk membentuk peradaban", analogi yang sangat hebat yang harus kita emban, bukan hanya menuntun membimbing peserta didik, namun dipuncak tujuan adalah membentuk peradaban".
2. Perubahan, adalah hal yang kekal yang harus terjadi dalam pendidikan, karena pendidikan akan hancur jika statis, pendidikan harus terus berubah menjawab tuntutan jaman dimana nilai-nilai kemanusiaan merupakan sumbu essensial dari kebudayaan. Ada 3 KErangka pada point perubahan :
   1). Kodrat Keadaan : Alam dan Jaman ; pendidikan berubah sesuai kodrat keadaan yaitu sesuai dengan keadaan alam dan    perubahan jaman, alam setiap wilayah berbeda-beda, begitupun dengan jaman yang dialami oleh pendidikan, pendidik, dan anak didik semua harus berubah sesuai tuntutan jaman dan keadaan alam.
   2). Prinsip Perunahan : Kontinuitas, Konvergensi, Konsentris
   3). Apa yang berubah ? Budi dan Pekerti ; Budi ( Cipta, Rasa dan Karsa), Pekerti (tenaga dan raga).
3. Pendidikan itu memerdekakan ; setiap anak itu berbeda, biarkanlah mereka tumbuh dengan perbedaan mereka masing-masing, jika di ibaratkan Tata surya, dan anak-anak adalah planet-planet yang mempunyai ciri, bentuk dan keistimewaan yang berbeda-beda, mereka tidak bisa disamaratakan, biarlah anak-anak berputar sesuai orbitnya masing-masing. Pendidik ibarat petani, Petani bercocok tanam dengan berbagai bibit, petani memiliki bibit padi, jagung, dll. Tumbuhkanlah bibit padi menjadi padi yang tumbuh subur dengan biji padi yang menghasilkan beras berkualitas, janganlah merawat, menumbuhkan bibit jagung dengan cara yang sama seperti menanam padi.