DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 1.2Â
Nilai dan Peran Guru Penggerak
OLEH : YULIA ENDANG PURWANTI,S.PDÂ
CGP ANGKATAN 9 KOTA CIMAHI JAWA BARATÂ
SD NEGERI CIBABAT MANDIRI 2
Â
Saya Yulia Endang Purwanti Calon Guru Penggerak angkatan 9 dari SD Negeri Cibabat Mandiri 2 Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat, kali ini saya akan mengimajinasikan diri saya dalam 3 tahun kedepan setelah saya lulus dari program pendidikan guru penggerak ini.
Seorang guru penggerak harus memiliki komitmen berupa nilai nilai yang harus di pegang sebagai pedoman dan diterapkan, karena, didalamnya memuat kekuatan seorang guru dalam menerapkan filosofi pemikiran Ki hadjar Dewantara dan mewujudkan profil pelajar pancasila. Dengan kata lain nilai- nilai tersebut mutlak melekat pada sosok guru penggerak yakni, Berpihak pada Murid, Reflektif, Mandiri, Kolaboratif, serta Inovatif, Kelima nilai tersebut harus tertanam dalam diri seoraang guru penggerak dan selalu diaplikasikan dalam kehidupan.
BERPIHAK KEPADA MURIDÂ
Setelah tiga tahun menjalani peran sebagai guru penggerak nilai guru penggerak yang berpihak pada murid telah menyatu dalam diri saya. Berikut gambaran diri saya dalam pembelajaran yang berpihak pada murid.Â
Saya menerapkan filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara bahwa Pendidikan adalah menuntun anak sesuai kodratnya untuk mencapai kesejahteraan, keselamatan dan kebahagiaan. Saya mengkondisikan kelas secara kondusif, riang dan bahagia dalam belajar. Saya menerapkan semboyan Ki Hajar Dewantara Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Sebagai pendidik saya memberi contoh tauladan yang baik, menyemangati, menginspirasi dan mendorong agar anak berkembang sesuai dengan potensinya.