Mohon tunggu...
YULIA ENDANG PURWANTI
YULIA ENDANG PURWANTI Mohon Tunggu... Guru - Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup itu perjuangan.., berjuang menjadi insan yang lebih baik dalam pandangan Allah dan manusia..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3

18 September 2023   20:07 Diperbarui: 18 September 2023   20:09 10981
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3

PAGE 1.

 Visi merupakan arah, tujuan yang harus di capai dengan menerapkan dan menumbuhkan lingkungan belajar yang bermakna dan berpihak pada murid. IA merupakan salah satu cara untuk mewujudkan visi tersebut agar Visi bukan hanya sebuah lukisan , bukan hanya mimpi dan narasi visi mengenai murid dan lingkungan belajar di masa depan yang sesuai murid yang kita impikan, bagaimana mewujudkannya dengan sebuah pendekatan Inkuiri Apresiatif.

PAGE 2. A. Memimpin Perubahan Positif

Mewujudkan sekolah menjadi rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi murid merupakan hal yang diinginkan semua pihak, Kita harus melakukan perubahan yang mendasar dan upaya yang konsistenuntuk mencapai tujuan tersebut, yaitu untuk mencapai perubahan yang lebih baik dari kondisi saat ini. Visi membantu kita untuk melihat kondisi saat ini sebagai garis “start” dan membayangkan garis “finish” seperti apa yang ingin dicapai.

PAGE 3. A. Memimpin Perubahan Positif

Inkuiri Apresiatif adalah alat untuk mencapai perubahan untuk mewujudkan Visi dan merupakan suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun masa depan. Ia berpendapat juga bahwa saat ini kita hidup pada zaman yang membutuhkan mata yang dapat melihat dan mengungkap hal yang benar dan baik. Mata yang mampu membukakan kemungkinan perbaikan dan memberikan apresiasi atas hal yang sudah berjalan baik. Bila organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan meningkat dan kemudian organisasi akan berkembang secara berkelanjutan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi.

Page 4 . Mengelola Perubahan Positif

Hal baru , ilmu baru yang saya peroleh dari tulisan dan video yang telah saya simak adalah sebagai berikut : Perubahan yang positif di sekolah tidak akan terjadi jika pertanyaan yang diajukan mengenai kondisi sekolah saat ini diawali dengan permasalahan yang terjadi atau mencari aktor sekolah yang melakukan kesalahan. Justru yang harus kita lakukan adalah Pertanyaan yang sering diajukan adalah, pertanyaan - pertanyaan positif yang akan membangun suasana psikologis yang positif . Dengan demikian kita sudah terarah untuk melaksanakan Inkuiri Apresiatif  sebagai salah satu model manajemen perubahan di lingkungan pembelajaran melalui tahapan dalam IA yang disebut dengan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi.

Page 5 B. Mengelola Perubahan Positif

Langkah-langkah yang perlu diikuti dalam menerapkan perubahan sesuai dengan visi yang telah impikan berdasarkan tahapan BAGJA yaitu ; 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun