Diskusi baru saja selesai. Setelah berbagai tanggapan dibahas, saatnya pembelajaran dilanjutkan dengan membuat kesimpulan. Guru memandang siswa sejenak.
"Bagaimana ? Ada pertanyaan?" tanya guru pada kelas.
Siswa diam. "Sudah jelas, Bu," sahut beberapa siswa.Â
Bu guru tersenyum, lalu meminta siswa mengambil alat tulisnya sambil berkata,"Silakan dicatat."
Tanpa banyak kata siswa membuka buku catatan dan mulai menulis kesimpulan pembahasan materi hari itu yang masih terpampang di layar LCD.
***
Mencatat. Kegiatan satu ini mulai jarang dilakukan siswa di kelas. Setidaknya itulah yang saya amati semenjak pembelajaran daring semakin santer dilakukan di masa pandemi.
Ya, kondisi yang memaksa demikian. Jangankan untuk mencatat, tugas saja sering diabaikan. Bukan hanya karena penguasaan IT yang masih kurang, namun juga kontrol guru yang kurang maksimal ketika pembelajaran dilakukan di rumah.
Saat pembelajaran daring, materi yang disampaikan hampir tidak pernah dicatat oleh siswa di buku secara manual.Â