Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar siswa memiliki kompetensi global dan bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku kehidupan sehari-hari.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mempunyai alokasi waktu yang lumayan banyak dalam implementasi kurikulum merdeka, karenanya perlu persiapan yang matang dalam pelaksanaannya.
Dalam mempersiapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tugas guru adalah:
1. Mengatur pengelolaan jam pelajaran dan kolaborasi
2. Menyiapkan sistem dari perencanaan hingga penilaian , juga pendokumentasian kegiatan projek.
3. Berkolaborasi dengan narasumber projek baik dari masyarakat, komunitas, universitas, maupun praktisi.
Pelaksanaan  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Kami
Penyusunan program proyek dilakukan bersama -sama oleh guru -guru yang tergabung dalam komite pembelajaran di awal tahun.
Meski persiapan sudah dilakukan secara detail, menjelang pelaksanaan tugas projek biasanya kami kembali berdiskusi lewat grup whatsapp untuk memastikan besok kegiatan siswa berjalan dengan lancar. Â Apalagi jika harus mengundang narasumber dari luar.
Di akhir bulan Agustus ini kami masih melaksanakan projek yang pertama yaitu Aku Bijak Berinternet. Â Jika di kegiatan dua minggu sebelumnya kajian tentang bijak berinternet dilakukan dengan mendatangkan narasumber dari Diskominfo dan Polresta, di minggu ketiga narasumber didatangkan dari Kemenag. Jadi inti bahasannya adalah bijak berinternet ditinjau dari segi agama.
Ada bermacam agama yang dianut oleh siswa di sekolah , karenanya acara kajian bijak berinternet hari itu sekolah mendatangkan tokoh dari agama Islam, Kristen dan Hindu.