Salah satu strategi pemecahan masalah matematika adalah penemuan pola. Dalam tulisan ini akan dipaparkan tentang penggunaan penemuan pola dalam memecahkan masalah matematika, juga betapa keteraturan atau pola banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Strategi Pemecahan Masalah Matematika dengan Penemuan Pola
Dalam pembelajaran matematika tentang pola bilangan sering dijumpai soal seperti ini:
1. Pada barisan berikut, berapakah banyaknya noktah pada suku ke 50?
2. Pada barisan berikut, berapakah banyaknya noktah pada suku ke 50?3. Berapakah angka satuan dari 2^ 2000 + 3^950?
Untuk soal nomor satu dan dua biasanya ada dua cara yang dilakukan siswa untuk menjawab. Cara yang pertama adalah langsung menggunakan rumus.
Jumlah noktah yang ada di soal nomor satu menunjukkan pola bilangan segiempat.
Pola bilangan segiempat dirumuskan dengan Un = n ^2+ n. Jadi suku ke 50 adalah U50 = 50^2 + 50 = 2550
Jumlah noktah pada soal kedua menunjukkan pola bilangan segitiga yang dirumuskan dengan Un = 1/2 (n^2 + n).
Jadi banyaknya noktah pada suku ke 50 adalah U50 = 1/2 (50^2 + 50 )= 2550/2 = 1275