Salah satu masalah dalam  pembelajaran orang dewasa yaitu rendah motivasi belajar yang disebabkan oleh anggapan bahwa proses pembelajaran yang tidak menyenangkan. Banyak orang dewasa yang menganggap bahwa proses pembelajarannya tidak menyenangkan dan membosankan hal ini biasanya disebabkan karena metode pembelajaran yang kurang sesuai, sehingga menjadikan peserta didik mengalami masalah perilaku seperti merasa bosan atupun mengantuk, permasalahan ini sesuai dengan inti dari psikologi andragogi sendiri yaitu keterlibatan peserta didik adalah kunci keberhasilan dalam pembelajaran.
Hakikat pembelajaran orang dewasa adalah mereka harus turut andil dalam  pelaksanaan proses pembelajaran sehingga mereka tidak merasa bosan dan mendapatkan kepuasan serta mendapatkan makna atau insight dari pembelajaran tersebut. oleh karena itu penting bagi pendidik maupun fasilitator untuk mengetahui model-model pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar.Â
Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menjadi pilihan solusi dalam pembelajaran orang dewasa yaitu penerapan model pembelajaran number head together (NHT), dimana NHT merupakan pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menyampaikan pendapatnya.Â
Apa itu number head together (NHT)
Menurut Spencer Kagan number head together (NHT) adalah model pembelajaran dimana siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan ide atau pendapat antar orang di kelompoknya guna mendapatkan jawaban yang paling tepat. NHT ialah model pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat memadukan dan menarik kesimpulan dari berbagai pendapat atau gagasan antar teman dalam kelompoknya.
Number head together (NHT) merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dan terbukti efektif . Terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh Agus Darmadi dkk pada tahun 2019 yang melakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran NHT menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT terbukti dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dan kemampuan berbicara pada mahasiswa.Â
Selain itu Ni Luh Widiani pada tahun 2021 dalam penelitiannya juga  membuktikan bahwa model pembelajaran Number Heads Together (NHT) terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa SD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini tidak hanya efektif untuk pembelajaran orang dewasa saja tetapi juga untuk anak-anak. Selain caranya yang menyenangkan dengan metode ini kita dapat lebih mengeksplor kemampuan peserta didik menjadi lebih dalam.Â
Lalu bagaimana cara penerapan model pembelajaran NHT?
     Model pembelajaran NHT cukup mudah untuk diterapkan. Berikut ini adalah alat dan bahan serta langkah-langkah yang diperlukan untuk menerapkan model pembelajaran NHT. Sebelum pembelajaran dilakukan guru/fasilitator harus memiliki alat-alat yang dibutuhkan,berikut alat-alat yang dibutuhkan
- Bahan ajar atau diskusi
- Alat tulis untuk mencatat
- Properti untuk digunakan berupa nomer kepala
- kepala peserta
- Kocokan nomor
Setelah alat dan bahan tersedia guru/fasilitator dapat melakukan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Fasilitator/guru memberikan bahan diskusi pada peserta
- Fasilitator/guru membentuk peserta menjadi kelompok kecil yang anggotanya berjumlah samaÂ
- Tiap anggota kelompok diberikan nomor
- Peserta dipersilahkan melakukan diskusi dengan kelompoknya dalam waktu tertentu
- Selesai diskusi, perwakilan diminta mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
- Pemilihan perwakilan kelompok yang maju dipilih berdasarkan nomor yang diacak
- Peserta dengan nomor yang terpilih dari tiap kelompok yang akan menjelaskan hasil diskusinyaÂ
- Setelah diskusi berakhir, gitu/fasilitator memberikan kesimpulan dari diskusi yang telah dilaksanakan berdasarkan penelitian yang dilakukan.
Nah cukup sekian penjelasan mengenai model pembelajaran NHT, mohon maaf apabila terdapat kekurangan.
Semoga bermanfaatÂ
Referensi
Widiani, N. L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 278-284.
Widiani, N. L. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 537-541.
Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H