Mohon tunggu...
Yugi Dwi Nur Jayanti
Yugi Dwi Nur Jayanti Mohon Tunggu... Guru - Guru BK di SMP Negeri 1 Bukateja - Purbalingga

Assalamu'alaikum wr wb.. Shalom, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan. Semangat Pagi..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tips Memilih Ekstrakulikuler yang Sesuai Bakat dan Minat

4 Agustus 2023   09:35 Diperbarui: 4 Agustus 2023   09:40 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan bukan hanya tentang prestasi akademik, tetapi juga mengenai pengembangan potensi peserta didik secara holistik. Salah satu cara untuk menggali potensi diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Memilih ekstrakurikuler di sekolah merupakan keputusan penting. Pertama, pertimbangkan minat dan bakat individu. Selanjutnya, pikirkan bagaimana ekstrakurikuler tersebut dapat membantu pengembangan keterampilan dan keahlianmu. Ekstrakulikuler memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengeksplorasi minat dan bakat peserta didik diluar prestasi akademik. Bagaimana peserta didik dapat mengenali potensi mereka sesuai dengan bakat dan minat, serta memilih ekstrakulikuler yang tepat? Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu:

  • Self-Assessment: Mengenal Diri Sendiri

Peserta didik mencoba mengenal diri mereka sendiri, hal ini dapat dimulai dengan merenung tentang hal-hal yang membuat mereka bersemangat dan bahagia. Pertanyakan pada diri sendiri: "Apa yang saya inginkan? Apa yang membuat saya merasa bersemangat?" Mengetahui minat dan bakat pribadi adalah langkah penting dalam memilih ekstrakulikuler yang tepat.

  • Eksplorasi Aktivitas Beragam

Mengenali potensi diri tidak selalu berarti sudah tahu semuanya. Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba berbagai jenis kegiatan ekstrakulikuler yang ditawarkan di sekolah. Kegiatan olahraga, seni, PPB, PMR, Pramuka, pencak silat, OSN dan lain-lain. Dengan mencoba banyak hal, peserta didik dapat menemukan aktivitas yang paling cocok dengan minat dan bakat mereka.

  • Dukung Kreativitas dan Eksperimen

Dalam proses mencari potensi diri, peserta didik perlu diberi ruang untuk berpikir kreatif dan mencoba hal-hal baru. Ekstrakulikuler adalah tempat yang tepat untuk berkreasi dan mengembangkan kemampuan diluar mata pelajaran. Dukung mereka untuk membuat proyek-proyek kreatif, mengambil risiko, dan menggali ide-ide inovatif.

  • Diskusi dan Penelitian

Ajak peserta didik untuk berbicara dengan teman, guru, dan orang tua tentang minat dan bakat yang mereka miliki. Diskusi ini dapat memberikan wawasan yang berharga dan membantu dalam mengenali potensi diri yang mungkin belum disadari sebelumnya. Lakukan juga penelitian tentang berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang tersedia di sekolah.

  • Tes Minat dan Penilaian Kemampuan

Beberapa sekolah mungkin menyediakan tes minat atau penilaian kemampuan untuk membantu peserta didik mengenali potensi mereka. Peserta didik dapat mengambil keuntungan dari tes semacam ini untuk mendapatkan panduan lebih lanjut tentang bidang yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

  • Observasi dan Refleksi

Mendorong peserta didik untuk mengamati lingkungan sekitar dan merefleksikan bagaimana mereka merasa saat terlibat dalam berbagai kegiatan. Ini bisa membantu mereka mengidentifikasi minat dan bakat yang mungkin belum diketahui.

  • Kunjungan dan Pertemuan dengan Penggiat Bidang

Organisasi ekstrakulikuler sering mengundang pembicara tamu atau mengadakan kunjungan lapangan. Peserta didik dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bertemu dengan peserta didik yang bergerak dalam bidang yang menarik bagi peserta didik. Ini dapat memberikan wawasan langsung tentang apa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

  • Pertimbangkan Keseimbangan

Meskipun mengembangkan bakat dan minat penting, penting juga untuk menjaga keseimbangan antara akademik dan ekstrakulikuler. Pastikan peserta didik tetap fokus pada prestasi akademik mereka sambil tetap mengeksplorasi potensi di luar kelas.

  • Beri Waktu

Mengenali potensi diri adalah proses yang memerlukan waktu. Peserta didik mungkin perlu mencoba beberapa kegiatan sebelum menemukan yang paling sesuai dengan mereka. Dorong peserta didik untuk bersabar dan terus mencari.

  • Evaluasi dan Fleksibilitas

Setelah terlibat dalam ekstrakulikuler, peserta didik perlu melakukan evaluasi diri secara berkala. Apakah mereka merasa senang? Apakah mereka telah berkembang? Jika tidak, peserta didik harus merasa bebas dan nyaman untuk mencoba kegiatan lain yang lebih sesuai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun