Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Sales - Engineer, Marketer and Story Teller

Movie Enthusiast KOMIK 2020 | Menulis seputar Worklife, Movie and Hobby

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

7 Tahun Bercerita di Kompasiana

24 Oktober 2023   11:17 Diperbarui: 25 Oktober 2023   19:47 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi | source : pexels.com

Saya tidak pernah menulis di Kompasiana.

Kegiatan yang saya lakukan di platform berwarna biru ini bukanlah menulis, saya lebih memilih mengatakan jika kegiatan yang saya lakukan  di Kompasiana ini adalah bercerita, segala hal bisa saya ceritakan, mulai dari keseharian saya, cerita dari orang-orang yang saya temui, bahkan cerita dari orang orang terkenal.

Memulai dengan Cerita Kerja Praktek.

Saya mulai bercerita di Kompasiana di tahun 2016, tulisan pertama saya adalah cerita mengenai kerja praktek saya di pabrik semen di Cirebon, Jawa Barat.  

Tulisan pertama saya itu sangatlah kacau, saat membacanya lagi ada banyak hal yang ingin saya tulis ulang, tapi saya membiarkan tulisan itu, karena sebagai penanda seperti apa tulisan saya yang dulu dan sekarang, biarkan juga itu menjadi cerita lama yang bisa menjadi kenangan.

Ilustrasi | source : pexels.com 
Ilustrasi | source : pexels.com 

7 Tahun Bercerita.

Jangan dulu berpikir jika selama 7 tahun saya konsisten untuk menulis di Kompasiana, saya pernah hanya menulis 1 artikel dalam satu bulan, bahkan pernah juga hanya 2 artikel dalam satu bulan, momentum saya mulai aktif menulis di Kompasiana, adalah saat saya lulus kuliah di tahun 2018.

Tahun 2018 adalah masa keemasan dari film superhero Marvel, karena itu kebanyakan tulisan saya adalah review mengenai film-film superhero, menulis dengan tema ini bisa dibilang adalah menulis dengan effort yang minim karena saya tidak perlu banyak riset, hanya menulis ulang cerita yang ada dalam film, lalu memberikan komentar dan sudut pandang yang saya miliki.

Tingkat keatifan saya menulis masih terjaga hingga 2020, di awal masa pandemi itu, kontrak pekerjaan saya berakhir sehingga saya menjadi "jobless" karena itu sembari mencari pekerjaan, menulis menjadi kegiatan utama saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun