3.2.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 22
Modul 3.3.Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Model 4: (Papan cerita reflektif - Reflective Storyboard)
Penjelasan Gambar 1
Dalam aktivitas pembelajaran ini saya mengidentifikasi berbagai sumber daya  di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif. Memahami bentuk-bentuk program sekolah, mengidentifikasi tahapan membuat program, memahami proses perencanaan program sampai dengan pelaporan dengan menggunakan strategi Monitoring, Evaluasi, Learning dan Reporting (MELR) dan mengidentifikasi manajemen risiko dari sebuah program, dan melakukan Diskusi untuk mengasah keterampilannya dalam menganalisis kasus dengan menggunakan manajemen risiko.
Selanjutnya dalam aktivitas Eksplorasi Konsep - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. saya di minta untuk menanggapi suatu kasus yang terkait menejemen resiko. Pentinya manajemen resiko untuk menimimalisir kemungkinan yang timbul dari program yang akan dilakukan. Bahkan walaupun manajemen resiko telah dibuat di awal tetap harus dikaji ulang ketika akan melaksanakan suatu program yang akan dilakukan karena bisa jadi muncul resiko baru yang timbul pada program tersebut.
Dalam melaksanakan suatu kegiatan sudah seyogyanya selalu melakukan analisis dan pengidentifikasian, pengukuran dan pengendalian serta pengevaluasian kemungkinan yang mungkin muncul. Apalagi jika program tersebut dengan kepentingan murid dan hajat warga sekolah, maka harus terus berpikir mengelola segala kemungkinan supaya dapat meminimalisir kerugian dan dampak negative yang akan mengganggu segala rencana yang telah dibuat.Â
Ada beberapa tahapan dalam menejemen resiko, tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
a. Â Â Â Identifikasi jenis risiko
Proses untuk mengetahui dan menemukan kemungkinan-kemungkinan yang akan muncul dalam melaksanakan suatu program, seperti membuat list resiko yang akan muncul dan menuliskan penyebab terjadi resiko.Â