Mohon tunggu...
Yudhistira Widad Mahasena
Yudhistira Widad Mahasena Mohon Tunggu... Desainer - Designer, future filmmaker, K-poper, Eurofan.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

He/him FDKV Widyatama '18

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Diskusi: Memberikan Beberapa Lagu J-Pop untuk 5 Besar X Factor Indonesia 2022

14 April 2022   17:52 Diperbarui: 14 April 2022   17:55 592
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bismillahirrahmanirrahim.

Mungkin Anda tidak mengetahuinya, tetapi saya juga suka mendengarkan J-pop (Japanese pop music). Bukti bahwa musik yang saya dengarkan di ponsel atau komputer tidak hanya K-pop atau rock, tetapi musik dari berbagai genre dan lagu dari berbagai bahasa.

Industri musik Jepang juga tak kalah menarik daripada industri musik Korea, mulai dari J-pop, J-rock, bahkan musik tradisional Jepang yang kadang dimasukkan ke lagu-lagu pop atau rock mereka. Beberapa musisi Jepang kontemporer yang populer seperti Kyary Pamyu Pamyu, WagakkiBand, LiSA, Scandal, Babymetal, C-ute, Hikaru Utada, dll. Saya sering mendengarkan lagu-lagu mereka.

Dan itu membawa kita ke topik diskusi. X Factor Indonesia sudah memasuki babak 3 besar. Danar Widianto, Second Chance, dan Alvin Jonathan akan kembali mengadu nasib untuk menentukan siapa yang akan memenangkan acara ini dan menjadi superstar di Indonesia. Tepatnya, Result Show Senin depan, 18 April 2022, akan menjadi penentu siapa yang akan meneruskan jejak Fatin Shidqia Lubis dan Jebe-Patty.

Sebagai pecinta crossover, saya berpikir akan menyenangkan jika kita memberikan sejumlah lagu J-pop untuk 5 besar X Factor Indonesia 2022. Sebelumnya saya harus mengingatkan bahwa 5 besar X Factor Indonesia 2022 adalah:

1. Danar Widianto
2. Second Chance
3. Alvin Jonathan
4. Maysha Jhuan
5. Roby Gultom

Mereka telak mengalahkan GeryGany, Hendra Enka, Maydea, Ruth Nelly, Nadhira Ulya, Abdurrachman Hakim, Edo Pratama, Whiz, Intan Ayu, dan Marcella Nursalim sebelum mereka memasuki Road to Grand Final. Namun sayangnya, di babak inilah Roby Gultom yang bertubuh tinggi besar dan bersuara merdu harus pulang karena gagal masuk 4 besar. Saya sendiri syok dengan keluarnya Roby karena dia punya potensi untuk menang X Factor 2022 dan jadi superstar.

OK, ke topik diskusi serius namun santai ini. Lagu J-pop apakah yang akan saya berikan untuk Danar, Second Chance, Alvin, Maysha, dan Roby?

Kita mulai dari Danar Widianto. Kontestan asal Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah ini disukai karena orisinalitasnya dan kemampuannya menciptakan lagu sendiri. Dia menjalani audisi X Factor Indonesia dengan lagu ciptaannya sendiri yang dia tulis dalam 10 menit, "Dulu". Danar yang baru saja menginjak usia 19 tahun pada tanggal 11 April lalu tidak pernah menempati posisi bottom 2.

Ada banyak lagu J-pop yang bisa saya berikan untuk Danar, tetapi saya menjatuhkan pilihan kepada lagu "Baka mitai" yang dinyanyikan Takaya Kuroda, yang menjadi soundtrack game "Yakuza 0" di PlayStation 4. Seumur-umur saya bermain PS, saya belum pernah bermain game serial "Yakuza", dan saya baru kenal game ini setelah mendengarkan lagu "Baka mitai" dan satu lagu lagi yang sudah saya berikan untuk kontestan lainnya di daftar ini.

Alasan lain saya memberikan "Baka mitai" untuk Danar adalah karakter suaranya yang melankolis cocok dengan lagu ini. Cocok dengan Danar yang mengusung genre indie. Danar baru berusia 19 tahun, namun dia dapat dengan mudah memperoleh gelar "Music Genius" dan "Gaho-nya Indonesia". Sejak Roby dan Maydea pulang (yang membuat saya sedih dan trauma), Danar-lah satu-satunya harapan saya untuk memenangkan X Factor Indonesia 2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun