Mohon tunggu...
Yudhistira Mahasena
Yudhistira Mahasena Mohon Tunggu... Freelancer - Desainer Grafis

Ini akun kedua saya. Calon pegiat industri kreatif yang candu terhadap K-pop (kebanyakan girl group) dan Tekken.

Selanjutnya

Tutup

Music

Terima Kasih, Astro

23 Februari 2024   19:11 Diperbarui: 23 Februari 2024   19:19 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jika Cha Eunwoo menjadi Jin Kazama di film live-action berikutnya... (sumber: Bubble)

Bismillahirrahmanirrahim.

Hari ini boy group Astro dari Fantagio Music genap berusia 8 tahun. Oleh karena itu, saya akan merayakannya dengan menceritakan pengalaman saya menjadi seorang Aroha.

Semuanya berawal pada tahun 2019. Waktu itu saya tidak sengaja mendengarkan salah satu lagu Astro yang berjudul "All night", di angkot saat perjalanan pulang dari kampus. Jujur saya tidak tahu apa yang terjadi, karena hari itu masih baru mengenal Astro dan masih setia mendengarkan BTS, Twice, GOT7, dan G-Friend. Tetapi satu yang saya ingat: salah satu anggotanya yaitu Cha Eunwoo, yang merupakan bias abadi saya di K-pop generasi tiga, saat itu tengah melejit lewat perannya sebagai Do Kyungseok di drama "My ID is Gangnam Beauty".

Setelah saya pulang, saya langsung menggali lebih dalam tentang Astro. Ternyata oh ternyata, mereka terdiri atas enam cowok ganteng: MJ, Jinjin, Cha Eunwoo, Moonbin (almarhum), Rocky, dan Yoon Sanha. Mereka debut 23 Februari 2016 dengan album "Spring Up", dan "All night" dirilis kira-kira sebulan sebelum Astro merayakan hari jadi mereka yang ketiga. 

Dari situ muncullah keinginan yang mendalam untuk menjadi seorang Aroha (penggemar Astro). Namun sayang, setiap kali saya mencoba untuk jadi seorang Aroha, saya selalu tidak bisa, karena saat itu saya sudah terlalu nyaman dengan BTS dan GOT7 (juga Seventeen).

Pada akhirnya saya merasa nyaman dengan BTS dan GOT7, karena mereka adalah dua boy group yang sangat cocok dengan saya. Astro pun menjadi kenangan lama, yang hanya kadang-kadang saya dengarkan.

Seiring berjalannya waktu, saya mengurungkan niat saya untuk menjadi Aroha, karena telah nyaman dengan GOT7, G-Friend, dan Monsta X pada tahun 2020. Astro pun akhirnya saya lupakan.

Semuanya berubah pada tahun 2021. Pada bulan Januari, GOT7 habis kontrak dengan JYP Entertainment, dan semua anggota memutuskan tidak memperpanjang kontrak dengan agensi. Selang empat bulan kemudian G-Friend bubar karena gagal mencapai kesepakatan kontrak dengan Source Music. Dan saat itu saya lebih fokus ke Enhypen, Weeekly, P1Harmony, dan STAYC, bahkan masuk dua fandom baru, yaitu Plory (Purple Kiss) dan Sumit (Lightsum). Pada akhirnya saya nyaman dengan PK dan Lightsum, apalagi ada Dosie dan Bebeb Hina.

Namun semuanya berubah total pada Agustus 2021. Saya ingat betul saya pernah memasuki periode awkward dalam hidup saya, yaitu terang-terangan menjadi haters April, girl group asal DSP Media yang sempat viral karena diduga terlibat kasus bullying terhadap bekas anggota mereka, aktris Lee Hyunjoo. Namun entah bagaimana, saya mencoba untuk re-stan April. Dan caranya adalah dengan nge-ship mereka dengan Astro.

Dan inilah kapal #AsPril saya:
1. MJKyung (MJ x Chaekyung)
2. ChaenJin (Jinjin x Chaewon)
3. Naeunwoo (Cha Eunwoo x Lee Naeun)
4. YenBin (Moonbin x Yena)
5. RockChel (Rocky x Rachel)
6. SanSol (Yoon Sanha x Jinsol)

Postingan tentang #AsPril menjadi awal dari perjalanan ber-Kompasiana saya. Saya ingat, postingan pertama saya di akun pertama adalah tentang #AsPril dan mengapa saya menginginkan Eunwoo dan Naeun menjadi MC Eurovision Song Contest 2023. Meskipun pengetahuan saya tentang Astro dan April masih ampas, saya senang bisa stan April lagi, dan saya kembali teringat alasan saya kembali menjadi seorang Aroha sekaligus Fineapple (penggemar April): keduanya masuk wishlist saya untuk Eurovision Song Contest 2022 di Turin, Italia - Astro untuk Islandia dan April untuk Moldova.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun