Mohon tunggu...
Yudhistira Mahasena
Yudhistira Mahasena Mohon Tunggu... Freelancer - Desainer Grafis

Ini akun kedua saya. Calon pegiat industri kreatif yang candu terhadap K-pop (kebanyakan girl group) dan Tekken.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

2023, Tahun Penuh Cerita

7 Desember 2023   00:07 Diperbarui: 7 Desember 2023   12:26 470
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Bismillahirrahmanirrahim.

Sebentar lagi kita akan berpisah dengan tahun 2023 dan menyongsong tahun yang baru, yaitu tahun 2024. Tahun di mana kita yang sudah berusia 17 tahun ke atas akan memilih bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang baru. Juga tahun di mana Olimpiade Musim Panas ke-33 akan digelar di Paris, Perancis, tahun di mana Eurovision Song Contest 2024 akan digelar di Malmo, Swedia, dll.

Banyak cerita yang kita saksikan di tahun 2023. Beberapa di antaranya berhubungan dengan kehidupan pribadi saya. Apa sajakah itu? Ayo kita simak...

1. Saya lulus dari Universitas Widyatama dengan gelar S.Tr.Ds.
Mungkin banyak yang belum mengetahuinya, tetapi saya adalah lulusan D4 Desain Grafis dari Universitas Widyatama. Sebenarnya saya sudah dinyatakan lulus dari Widyatama sejak 5 Agustus 2022, tetapi baru tahun ini wisuda karena sedikit telat mengumpulkan persyaratan wisuda. 

Semua ini tidak akan berarti tanpa support dari Anda semua. Saya belum tahu ingin menjadi apa setelah lulus kuliah, tetapi saya saat ini sedang fokus menjadi editor video lepas (freelance) sembari melamar kerja di bidang media dan komunikasi digital. Gelar saya adalah S.Tr.Ds. (sarjana terapan desain).

Dalam 10 tahun mendatang, saya melihat diri saya sebagai seorang sutradara film, ingin membuat film terbaik dan dikenal orang banyak lewat kontribusi di bidang produksi film.

2. Astro ditinggal dua anggota
Astro adalah salah satu boy group K-pop generasi ketiga yang masih solid sampai sekarang. Formasi awal mereka yaitu MJ, Jinjin, Cha Eunwoo, Moonbin, Rocky, dan Yoon Sanha. Sayangnya tahun ini menjadi tahun yang sedih bagi Astro dan para Aroha, fans mereka. Pasalnya mereka ditinggal dua anggota mereka. 

Pertama, bulan Februari 2023, Rocky keluar dari Astro setelah habis kontrak dengan Fantagio Music. Sejak 1 November 2022, dia diketahui berpacaran dengan aktris Park Boyeon, dan selang tiga bulan kemudian dia mundur dari Astro, meninggalkan grup sebagai kuintet.

Sayangnya pada 19 April 2023, Moonbin meninggalkan dunia yang fana ini untuk selamanya. Dia ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dalam tidurnya di kamar apartemennya oleh sang manajer. 

Tidak ada tanda-tanda dia meninggal karena kekerasan atau bunuh diri saat dilakukan otopsi. Padahal baru sehari sebelumnya dia melakukan challenge dengan lagu "Rover" milik Kai dari EXO dalam kondisi sehat. Semasa hidupnya, Moonbin dikenal kuat dan jarang sakit, baik secara fisik maupun mental.

Kematian adalah rahasia Tuhan. Kapan dan di mana kita dipanggil Tuhan, hanya Dia yang Mahatahu. Namun, pasti terjadi. Ketika Moonbin tiada, kesedihan tak hanya dirasakan oleh keluarga, fans, dan rekan seperjuangannya di industri musik Korea, namun juga seluruh rakyat Korea Selatan. Kontribusi Moonbin di industri musik Korea berhak menjadikannya sebagai seniman nasional. Moonbin adalah artis legendaris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun