Istilah free rider menjadi satu kosakata baru, yang mencuat seiring dengan fenomena penangkapan para penyebar hoaks diranah digital. Problemnya, konsentrasi kita memang tengah tersita untuk pada persoalan politik, padahal free rider di era digital merambah berbagai sektor.
Sebagaimana perilakunya, penumpang gelap alias free rider dimaknai sebagai pihak yang mendapatkan keuntungan, secara cuma-cuma. Prinsipnya tanpa andil yang adil, para penumpang gelap memanfaatkan keadaan untuk kepentingan dirinya sendiri.
Momentum penangkapan para penyebar berita bohong alias hoaks adalah bukti dari bagaimana dunia digital, membawa serta dampak negatif pada kehadirannya. Meski tidak dipungkiri, secara bersamaan, dunia digital membawa peluang akan harapan kebaikan.Â
Pembonceng illegal, mencari kesempatan dalam kesempitan, adalah ilustrasi yang tampak sesuai dengan karakteristik free rider tersebut. Pemboceng yang kerap tidak kasat mata ini, membuyarkan rasionalitas, sekaligus memunculkan sifat emosionalitas. Bahkan masuk diluar problem politik, termasuk diantaranya persoalan ekonomi keseharian publik.
Hari-hari ini, kita mudah sekali mendapatkan berita tentang investasi bodong, undian abal-abal, koperasi palsu, penipuan berkedok arisan, bahkan sampai kebohongan atas penyelenggaraan ibadah umroh. Hal tersebut jelas nampak, dan menjadi lebih sering terlihat dipermukaan saat ini.
Hoaks pun merambah banyak sendi dalam kehidupan masyarakat, secara nyata. Meski saat ini korelasi hoaks, dilekatkan pada ranah politik karena ada dalam ketat dan panasnya suhu politik nasional dimasa tahun politik.
Padahal, pemahaman tentang hoaks yang utuh, perlu diluas agar mekanisme penanggulangan yang dilakukan terjadi secara sistematik. Seharusnya domain tentang sebaran hoaks diluar ranah politik, pun tetap menjadi wilayah kerja badan siber nasional. Karena hal ini, perlu ditangani secara integral.
Jadi perkara hoaks, jelas bukan soal urusan politk dan elit politik serta politikus, ini juga tentang orang kebanyakan yang termakan hoaks akan iming-iming janji palsu dan berita bohong tersebut yang dimanfaatkan sekelompok penumpang gelap.
Korbannya pun tidak main-main, dana kumpulan yang miliaran hingga triliun bisa diraup dengan melibatkan populasi yang besar. Apa maknanya? Hal ini tentu bisa dilihat dalam beberapa aspek, yakni; (1) publik (2) free rider dan (3) hoaks.
Efek Budaya Instant
Pada kajian tentang publik, maka budaya instant adalah karakter yang menguat saat ini. Hampir dari keseluruhan proses yang berlangsung dalam kehidupan kita, mengalami percepatan. Pun kita kemudian menjadi manusia yang tidak sabar, berorientasi hasil bahkan kerapkali melupakan upaya dan proses.