Makna sales seolah terdegradasi dalam persepsi konotatif. Padahal bagian sales adalan pokok keberlanjutan sebuah bisnis.
Produk yang baik tanpa terjadinya penjualan hanya menjadi persediaan yang tidak berarti. Bahkan dalam laporan keuangan, pendapatan penjualan adalah ukuran utama bukan kapasitas produksi.
Problemnya memang sales sering disalahpahami, termasuk dalam kehidupan keseharian kita.
Praktik perilaku sales sebagai individu yang tidak mudah menyerah, dianggap sebagai agresifitas tanpa batas.
Pantang pulang sebelum terjual, menjadi prinsip dasar yang dibuat, seringkali tanpa dibekali dengan perencanaan penjualan yang matang.
Akhir bulan dan penghujung tahun adalah ukuran mutlak dari kemampuan menjual seorang sales, tanpa alasan apapun.
Perlambatan ekonomi, perubahan pola konsumsi dan berbagai asumsi mikro maupun makro ekonomi bukan pantangan untuk tidak dapat menjual.
Sales yang bermakna penjualan, memang bermakna langsung, mengarah pada suatu transaksi pertukaran nilai.
Pada posisi penjual, kemampuan terbesar untuk menyakinkan pembeli terkadang lebih mendominasi dibandingkan performa atas kinerja produk yang ditawarkan.
Katakteristik sedemikian, menjadikan sales teridentifikasi dengan asumsi negatif sebagaimana istilah "Salesman is a Liar", penuh manipulasi dan menyembunyikan kebenaran.
Ambigu Perilaku
Sejatinya tantangan terbesar manusia adalah perilaku konsumen itu sendiri. Setidaknya melalui common sense perilaku individu dapat menjadi respresentasi kumpulan.