WSBK hidup berdampingan sebagai dua kelas kejuaraan dunia balap motor paling tinggi.
Saat ini Motogp danMotogp sebagai kejuaraan yang lebih tua tetap menjadi pusat dari semua balap motor dengan motor prototype dan kesan mewah pada kejuaraan mereka.
Sementara WSBK sebagai kejuaraan untuk para hardcore fans dari dunia roda dua yang ingin melihat performa motor yang mereka bisa beli dimaksimalkan di lintasan.
Keduanya hidup berdampingan tanpa berusaha saling menjatuhkan. Namun tidak dipungkiri kalau Motogp masih menjadi kejuaraan yang lebih terkenal daripada WSBK.
Faktor kejuaraan yang lebih besar dengan lebih banyak negara yang didatangi serta banyaknya pembalap ikonik yang mereka miliki, membuat Motogp lebih familiar untuk di dengar dari WSBK.
Di Indonesia sendiri, penggemar Motogp diklaim jadi yang terbesar di Asia bahkan dunia. Namun penyelenggaraan WSBK di Indonesia masih jauh dari angka memuaskan.
Tapi tahu tidak kalau dulu sewaktu WSBK pertama kali muncul di tahun 1988, WSBK nyaris membuat Motogp gulung tikar.
Biaya GP500 (Motogp) yang Sangat Tinggi
Sebenarnya kelas Superbike sudah ada sejak lama. Di kejuaraan nasional negara-negara eropa, Amerika dan Australia kelas ini sangat diminati.
Biaya kompetisi yang murah serta kemudahan dalam memodifikasi motor produksi massal daripada membangun motor khusus balap, membuat kelas lebih realistis untuk di ikuti.
Faktor-faktor ini akhirnya memunculkan wacana untuk membuat kejuaraan Superbike pada level dunia, sehingga tidak hanya jadi kelas jagoan di berbagai kejuaraan nasional saja.