Dalam sebuah kisah Dewa Ruci, ketika Bima belum menemukan air kehidupan, ia pasrah dan bersandar pada pohon beringin yang sangat besar. Tidak lama kemudian  ia mendengar suara yang tidak ada wujudnya mengatakan ia akan sia-sia bila melanjutkan mencari air kehidupan, karena barang itu tidak ada. Dan ternyata suara itu sejatinya adalah suara Bathara Indra dan Bathara Bayu. Atas pesan itu, maka Bima disuruh berhenti mencari air kehidupan dan kembali ke istana Astina.
Beringin adalah pohon yang memberikan banyak perlambang dalam kultur nusantara. Masyarakat Jawa mengenal pohon beringin sebagai pohon kehidupan. Pada kayonan  atau gunungan dalam wayang kulit yang menggambarkan pohon kehidupan itu sebenarnya juga adalah gambaran pohon beringin. Di Kraton Jogjakarta, bukan saja istana yang mengandung perlambang, tetapi juga pepohonan yang ditanam di sekitar istana, termasuk pohon beringin. Di Istana, pohon beringin adalah lambang perlindungan dan pengayoman raja kepada rakyatnya serta lambang bersatunya raja dengan rakyatnya.Â
Pohon beringin secara turun temurun di banyak tempat dipercaya sebagai pohon yang angker atau tenget. Pohon beringin juga sering digunakan tempat istirahat dan bertapa oleh para kesatria. Banyak orang tidak berani berbuat macam-macam di bawah atau di sekitar pohon beringin, karena pohon ini juga dipercaya sebagai rumah mahluk halus. Untuk itu, pohon beringin selalu dijaga dan dihormati keberadaannya.
Pohon beringin memang tampak memberikan keteduhan, dan memberikan ruang bagi ragam kegiatan masyarakat. Juga, pohon beringin itu sunyi, berbatang besar dengan kaki-kakinya yang banyak menjejak bumi, daunnya rimbun, dan akarnya yang menjulur menyentuh tanah. Setidaknya itulah gambaran yang bisa saya baca dari lukisan pohon beringin karya Djaja Tjandra Kirana. Lukisan-lukisan yang ia kerjakan sepuluh tahun terakhir itu juga membawa kenangan terhadap masa lalunya.
Djaja Tjandra Kirana (72), pelukis dan fotografer Denpasar, awal tahun 2000 an kebetulan sedang menemani pelukis Singapura Lim Ze Ping bersama pelukis T. Santosa untuk mencari obyek pohon beringin di Kintamani, Ubud, Goa Gajah, Sangeh dan Sanur. Dari semula menemani, ia mulai menarik ingatan pada masa kecilnya di Denpasar, dan seringnya berkeliling naik sepeda ke beberapa tempat dengan melihat beragam kegiatan masyarakat maupun sekedar berteduh di bawahnya.
Dari mana Tjandra Kirana memiliki kesabaran menggarap dan menyelesaikan lukisan di atas kertas merang putih yang berukuran besar-besar itu ?. Sebagai anak sulung dari sembilan bersaudara, ketika SD sampai ia dewasa Tjandra harus melakukan kegiatan rutin membersihkan botol-botol kecap untuk diisi ulang kembali lalu dijual di toko klontong keluarganya. Memang itu adalah tugasnya selepas sekolah disamping ia harus menjaga tokonya di Jalan Gajah Mada Denpasar. Â Dari kegiatan membersihkan botol-botol kecap itulah ia seperti dididik untuk disiplin, bersih, tekun, memahami proses, mengulang dan mengulang pekerjaan yang sama sampai selesai.
Tjandra sendiri tidak menyadari bahwa itu adalah bagian dari perjalanan berkeseniannya, namun setelah ia memahami didikan orang tuanya untuk menjadi orang yang tekun, menyelesaikan pekerjaan sampai detil dan selesai, baru ia merasakan bahwa ada keterkaitan dari ketekunannya ketika menyelesaikan setiap karyanya.
*****
Sebuah kejutan yang tidak pernah ia sangka, setahun kemudian setelah tamat SD ia mencoba mengikuti perlombaan menggambar tingkat SMP dan menempatkan namanya sebagai juara pertama di kejuaraan itu. Pujian dari sahabat dan guru menggambarnya Seto Sin Fat seolah menyemangati untuk terus berlatih menggambar. Tjandra kecil sudah mulai percaya diri bahwa kelak ia ingin menjadi pelukis serius dan profesional.