Sistem  akuntansi  manajemen  merupakan suatu   sistem   akuntansi   yang   dirancang perusahaan   untuk   memberikan informasi kepada pihak-pihak pengelola perusahaan agar mereka dapat menjalankan kegiatan mereka dengan lebih baik, karenanya informasi sistem akuntansi manajemen tidak harus mengikuti aturanmain tertentu selama informasi tersebut berguna bagi manajer. Akuntansi manajemen merupakan sistem akuntansi yang tujuan utamanya adalah menyajikan laporan keuangan untuk kepentingan pihak internal perusahaan, seperti manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran, dan pihak internal lainnya. Informasi ini sangat berguna sebagai pedoman untuk mengambil kebijakan untuk masa yang akan datang berdasarkan data historis dari laporan keuangan.
Salah satu model yang dapat dipakai untuk mengembangkan system akuntansi manajemen adalah Activity Based Costing. Tujuan dari Sistem activity based costing memberikan gambaran yang lebih akurat dan rinci mengenai keadaan perusahaan, seperti profitabilitas dari produk atau pelanggan perusahaan. Dalam hal ini sistem informasi ABC dipergunakan untuk melakukan  pemgambilan keputusan strategik yang lebih baik bagi perusahaan. Sistem ABC akan  menghasilkan informasi yang akurat, yang menyebabkan perusahaan dapat mengetahui produk atau pelanggan yang dianggap merugikan ataupun yang menguntungkan,  sehingga  perusahaan  dapat mengambil keputusan yang lebih akurat mengenai tindakan-tindakan yang harus dilakukan  terhadap produk atau pelanggan tersebut.
Perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Salah satu kebutuhan tersebut adalah permintaan akan adanya produk perawatan kecantikan yang dibutuhkan oleh wanita. Berawal dari perkembangan ini, berbagai kebutuhan dan inovasi terus menerus berkembang, mulai dari gaya hidup, kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah produk Scarlett perawatan kecantikan. Scarlett adalah brand kecantikan lokal dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia yang didirikan pada 2017 oleh Felicya Angelista. Scarlett mengeluarkan berbagai jenis produk kecantikan yang berfokus untuk mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit, baik untuk tubuh, wajah, maupun rambut. Dengan "Reveal Your Beauty", Scarlett menjadi solusi yang dapat meningkatkan kepercayaan diri pelanggan Scarlett untuk berani mengungkapkan kecantikan dengan versi masing-masing.
Dalam  memprioritaskan pelanggan  yang  akan  dilayani, Scarlett Whitening saat ini yang  memakai tolok ukur yang berkaitan dengan  loyalitas  pelanggan, seperti frequency of purchase, recency of purchase, value of purchase, share of purchase dan sebagainya. Scarlett Whitening mengasumsikan bahwa  pelanggan  yang  loyal  adalah  pelanggan  yang  menguntungkan  perusahaan. Scarlett Whitening sendiri memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan diantara lain yaitu, wanginya yang sangat segar dan tahan lama di kulit, membuat kulit jadi lembab, harganya yang cukup terjangkau untuk semua kalangan, kemasan tube-nya yang praktis untuk digunakan, serta mudah ditemukan diberbagai platform digital. Selain itu, Scarlett juga tidak menggunakan zat yang berbahaya untuk kulit yaitu tanpa adanya bahan mercury dan tanpa hydroquinone. Kualitas produk perawatan kulit Scarlett Whitening, rangkaian produk, kandungan, harga yang ditawarkan juga sangat sesuai dengan kebutuhan dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya, serta produk terbaru yang dievaluasi dan diperbarui secara berkala sehingga produk.
Zaman dahulu,  perusahaan-perusahaan hanya berfokus  pada  standar  pengembangan  produk  dan  standar  mutu pelayanan. Namun, pada  saat ini banyak produk atau jasa yang  merupakan produk  massal  yang cocok untuk semua kalangan dan bersertifikasi-umum.  Maka dari itu agar mampu berkompetisi dengan pesaing yang  lebih  dipentingkan saat ini adalah  servis  kepada  pelanggan,  yang  akan mengakibatkan pergesaran dari diferensiasi produk menuju diferensiasi servis kearah pelanggan micro-segment untuk  menghasilkan  keuntungan  kompetitif. Bahkan konsep Customer Relationship Management (CRM) mengatakan daripada mencari produk maupun pelanggan  baru,  lebih  baik  bagi  perusahaan  untuk  menjalin  hubungan yang  lebih  erat dengan pelanggan yang ada  dan berusahan  untuk menyediakan  produk atau jasa apapun  yang mereka inginkan.
Industri yang berfokus pada bidang kecantikan mengalami peningkatan pertahunnya sehingga perusahaan terus bersaing untuk mengembangkan citra merek pada produk Scarlett Whitening. Pada produk Scarlett Whitening yang terbangun positif dalam benak konsumen dapat membuat produk perusahaan unggul dan bernilai dari kompetitor. Selain citra merek, kualitas produk juga menjadi faktor penting bagi perusahaan, karena produk yang berkualitas merupakan syarat utama konsumen membeli produk perusahaan. Dengan citra merek pada produk Scarlett Whitening terbangun positif dan kualitas produk yang unggul, konsumen akan merasa puas dan menimbulkan loyalitas untuk membeli produk.
Faktor penting yang perlu diperhatikan perusahaan adalah kualitas produk karena kualitas (quality) merupakan fokus yang sangat penting saat membangun sebuah produk. Produk dengan kualitas tinggi menjadi syarat utama bagi konsumen untuk memilih produk yang disediakan oleh perusahaan. Jika kualitas yang diciptakan tepat dan dapat diandalkan, maka suatu produk dapat dengan mudah tertanam dalam pikiran pelanggan, karena jika produk yang ditawarkan unggul dari merek lain konsumen dapat mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan produk perusahaan.
Kualitas produk tergantung pada kepuasan pelanggan saat menggunakan produk tersebut. Jika tidak ada kepuasan pelanggan, produk dapat dianggap gagal memenuhi harapan konsumen. Kepuasan juga dapat di definisikan sebagai harapan yang diterima konsumen pada suatu kinerja dan pelayanan produk ataupun jasa yang perusahaan berikan.
Scarlett Whitening menyatakan bahwa kualitas produk memiliki efek pada keputusan pembelian dan memiliki keputusan pembelian Skincare Scarlett Whitening Pada Platform Digital. Hal ini menunjukkan bahwa dari penilaian konsumen oleh pelaku usaha pada platform digital, agar produk Skincare Scarlett Whitening mampu memberikan kontribusi produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Indikator yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas suatu produk merupakan langkah awal dalam proses pengambilan keputusan konsumen. Untuk itu Scarlett Whitening menawarkan produk yang memiliki sebuah kualitas yang sesuai dengan penilaian konsumen pada platform digital. Scarlett Whitening diharapkan agar tetap menjaga kualitas setiap produk dan kiranya selalu dapat menarik minat pelanggan.
"Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk menunjukkan pada dunia bahwa brand skincare lokal Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing. Sejak pertama kali hadir, kami secara konsisten menjaga kualitas dari produk skincare head-to-toe Scarlett. Mulai dari penggunaan bahan bermutu hingga inovasi yang digunakan, sehingga dapat menghasilkan produk terbaik bagi kesehatan kulit" ujar Felicya Angelista dalam Kompas.com.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H