Mohon tunggu...
Siti Desy Aulia
Siti Desy Aulia Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswi

Seseorang yang menyenangi dunia literasi baca tulis, penyuka fiksi yang sekarang sedang terjebak dalam kepenulisan karya ilmiah.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mayonaise by GenBI: Belajar Wirausaha dari Pelaku UMKM, Kenalkan Yoghurt Homemade "Cihitos" di Banjarbaru, Kisah Inspiratif dari Warna Hijau Tosca

16 Oktober 2024   13:34 Diperbarui: 16 Oktober 2024   14:04 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GenBI Kalsel kembali melakukan kunjungan ke UMKM lokal dengan mengunjungi rumah produksi yoghurt homemade di banjarbaru. Kegiatan ini diberi nama "Mayonaise" (Making Yogurt and Narrative Inspiring Session) yang merupakan kelanjutan dari program kerja visit UMKM sebelumnya yakni PASTA (Painting and Visiting Tanggui's UMKM) dimana kegiatan tersebut telah berjalan lancar dan disambut baik oleh para peserta maupun masyarakat pelaku UMKM.

Dalam kesempatan kali ini, peserta mayonaise memperoleh pengalaman langsung dalam proses pembuatan yogurt dari sang owner, Ibu Susanti. Kunjungan dilaksanakan pada hari sabtu, 21 September 2024, bertempat di rumah produksi yogurt 'Cihitos' Banjarbaru. Kegiatan berlangsung dengan antusiasme para peserta yang turut memperhatikan demonstrasi dan belajar membuat yogurt. Mulai dari mempersiapkan, menakar bahan, hingga fermentasi dan akhirnya yogurt siap dikonsumsi, dikemas dan dipasarkan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Dengan adanya kegiatan ini, GenBI ingin mengenalkan UMKM lokal Kalimantan Selatan kepada masyarakat sehingga produk-produk daerah dapat lebih diminati, selain itu kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan jiwa wirausaha peserta kunjungan. Adanya sharing session bersama pelaku UMKM dapat menginspirasi peserta agar dapat terjun ke dunia usaha dan berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian daerah. Hal menarik dari inspiring session ini adalah sejarah nama brand 'Cihitos' yang merupakan akronim dari 'acil hijau tosca' pemilik usaha menyatakan bahwa nama ini terinspirasi dari gerobak jualan yang di cat dengan warna hijau tosca.

dok pribadi
dok pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Ketua pelaksana kegiatan, Tirai Meirta Kartika, mengungkapkan, "Dengan diadakannya kegiatan ini harapannya cihitos lebih dikenal masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. di sisi lain, peserta dapat termotivasi untuk membangkitkan jiwa wirausahanya. acara ini memang dirancang senyaman dan sesantai mungkin agar peserta dapat menikmati setiap rangkaian acara ini." Ibu Susanti, pemilik UMKM yogurt homemade Cihitos, menambahkan bahwa ia merasa senang bisa berbagi ilmu dan berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi peserta untuk terjun ke dunia usaha.

Program kunjungan UMKM oleh GenBI Kalsel ini merupakan bagian dari serangkaian program kerja strategis bidang kewirausahaan yang dilaksanakan dua kali dalam satu periode kepengurusan. Selain memberikan pengetahuan baru bagi peserta, salah satu output dari kegiatan ini juga berupa publikasi iklan social media untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang dikunjungi. Program ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta menumbuhkan motivasi dan membekali generasi muda untuk turut serta dalam pengembangan keterampilan kewirausahaan.

Instagram UMKM Yogurt Homemade Cihitos : https://www.instagram.com/susukedelaibanjarbaru

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun