Mohon tunggu...
youngkibaranitarihoran
youngkibaranitarihoran Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN UNSOED 2023

Ketertarikan pada dunia Marketing, dengan fokus pada strategi pemasaran berbasis teknologi digital untuk meningkatkan kinerja bisnis, khususnya melalui media sosial, analitik data, dan platform online lainnya. Berpengalaman dalam mengelola proyek pemasaran, Akan menambah kemampuan untuk mengintegrasikan kreativitas dan data guna menciptakan kampanye yang efektif dan berorientasi pada hasil.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kesalahan Fatal dalam Marketing Digital yang Harus Dihindari

25 November 2024   10:10 Diperbarui: 25 November 2024   10:31 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kesalahan Fatal dalam Marketing Digital yang Harus Anda Hindari

Oleh: Youngki Barani Tarihoran

Magister Manajemen Unsoed

Di zaman serba digital seperti sekarang, pemasaran online jadi salah satu cara andalan bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Sayangnya, banyak bisnis yang terjebak pada kesalahan-kesalahan dasar saat menjalankan strategi marketing digital mereka. Bukannya menarik pelanggan, strategi yang keliru malah bikin promosi tidak efektif dan uang terbuang sia-sia.

Jangan khawatir! Kesalahan ini sebenarnya bisa dihindari kalau Anda tahu apa saja jebakan umum dalam dunia marketing digital. Yuk, kita bahas dengan cara yang santai dan mudah dipahami, supaya Anda bisa memaksimalkan usaha dan mencapai hasil yang lebih baik. Let's go!

1. Tidak Punya Target Pasar yang Jelas

Salah satu blunder terbesar dalam marketing digital adalah tidak memahami siapa target pasar Anda. Kalau Anda mencoba menjual ke semua orang, hasilnya malah akan terasa "biasa saja". Menurut Neil Patel, pakar digital marketing, memahami audiens adalah kunci utama keberhasilan strategi digital. Identifikasi usia, lokasi, minat, hingga kebutuhan audiens Anda, lalu buat konten yang relevan dengan mereka.

"Knowing your audience isn't just an option; it's a necessity." --- Neil Patel

2. Mengabaikan Data dan Analitik

Pernah dengar istilah "data is the new oil"? Dalam marketing digital, data adalah segalanya. Kesalahan besar adalah tidak memanfaatkan data analitik untuk mengevaluasi performa strategi. Tanpa data, Anda seperti berjalan di dalam gelap. Gunakan tools seperti Google Analytics, Facebook Insights, atau Shopee Analytics (jika Anda punya bisnis e-commerce).

3. Terlalu Fokus pada Penjualan, Lupa Membangun Hubungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun