Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Pontianak. Melaksanakan Program Asistensi Mengajar di TK ZONAKATA pada hari Rabu 1 Mei 2024. TK ZONAKATA merupakan Sekolah Mitra bagi mahasiswa dalam pelaksanaan program kerja Pengelolaan Sosial Emosional Anak Melalui Berbagai Kegiatan Khususnya Dalam Kategori Kegiatan Pengembangan Kreativitas, Motorik, Sosial, Dan Kognitif Pada Anak Usia Dini. TK ZONAKATA adalah salah satu pilihan sekolah anak usia dini (AUD) yang terdiri dari Taman Kanak-Kanak A (TK A) dan Taman Kanak-Kanak B (TK B). TK ZONAKATA berlokasi di Jl. Pulau We No.178, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113.
Dalam pelaksanaan atau penerapan (implementasi) Program Kerja Mengajar di Sekolah, mahasiswa mengadakan kegiatan program pembelajaran dengan tema “Pengelolaan Sosial Emosional Anak” yang di terapkan pada anak di kelompok A pada TK ZONAKATA. Kegiatan-kegiatan yang di implementasikan adalah membaca buku cerita, menggambar dan mewarnai, permainan kelompok, menggunting dan menempel, serta menyusun puzzle. Kegiatan-kegiatan ini termasuk dalam pembelajaran anak usia dini, khususnya dalam kategori kegiatan pengembangan kreativitas, motorik, sosial, dan kognitif.
Pengelolaan sosial emosional anak memiliki banyak manfaat yang signifikan bagi perkembangan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya: kesehatan mental yang lebih baik, kemampuan berhubungan sosial, peningkatan prestasi akademis, kemampuan penyelesaian masalah, pengendalian diri, komunikasi yang efektif, empati dan pengertian.
Berikut adalah penjelasan lebih detail untuk masing-masing kegiatan:
- Membaca Buku Cerita: Kegiatan ini membantu dalam perkembangan bahasa dan literasi, serta mengembangkan imajinasi anak.
- Menggambar dan Mewarnai: Kegiatan ini melatih kreativitas, kemampuan motorik halus, serta koordinasi mata dan tangan.
- Permainan Kelompok: Melalui permainan kelompok, anak-anak belajar keterampilan sosial seperti berbagi, berkomunikasi, bekerja sama, dan mematuhi aturan.
- Menggunting dan Menempel: Aktivitas ini mengembangkan keterampilan motorik halus, koordinasi mata dan tangan, serta kreativitas.
- Menyusun Puzzle: Menyusun puzzle merangsang perkembangan kognitif, kemampuan pemecahan masalah, kesabaran, dan konsentrasi.
Kegiatan-kegiatan ini mendukung perkembangan holistik anak usia dini, mencakup aspek-aspek perkembangan fisik, kognitif, sosial-emosional, dan bahasa.
Yossefa Kriza sebagai mahasiswa yang melaksanakan Program Mengajar di Sekolah, mengucapkan terima kasih kepada Sekolah mitra yaitu TK ZONAKATA khususnya kepada guru pamong atau guru kelompok A Ibu Tantri Sari Rahayu, S.Pd yang telah membimbing dan memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam program ini. Tidak lupa juga saya mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing lapangan Ibu Dr. Sudarti, M.Pd yang telah membimbing selama penyusunan program ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H