Mohon tunggu...
YOSI RAMADONA M.Sn
YOSI RAMADONA M.Sn Mohon Tunggu... Guru - GURU & DOSEN

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Justru pelajaran yang paling berharga muncul dari diri sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemanfaatan Media Teknologi "Youtube" dalam Proses Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Kelas XI Sman 14 Pekanbaru

14 Januari 2024   09:35 Diperbarui: 14 Januari 2024   09:41 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Yosi Ramadona, S.Sn.,M.Sn

Abstrak

Perkembangan teknologi pada zaman sekarang sangat pesat, hal ini tampak pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi merambah kesetiap unsur kehidupan  masyarakat termasuk dunia pendidikan, khususnya seni budaya. Diperlukan ide-ide kreatif dan inovatif dalam pengembangan media teknologi dalam proses pembelajaran mata pelajaran seni budaya materi tari kreasi yang berpolakan tradisi, hal inilah yang menjadi latar belakang dari penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media teknologi dengan menggunakan aplikasi Youtube berpengaruh terhadap kreatifitas peserta didik khususnya materi tari kreasi di kelas XI IPS 3 di SMAN 14 Pekanbaru. Proses pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dengan strategi Student Centered Learning (SCL). Pengumpulan datanya menggunakan studi literatur, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran tari kreasi dapat meningkatkan kecerdasan literasi teknologi  kelas XI IPS 3 di SMAN 14 Pekanbaru. Hal tersebut ditunjukkan dengan optimalnya kegiatan pembelajaran yang mempengaruhi meningkatnya capaian hasil pembelajaran. Ini membuktikan bahwa pentingnya inovasi pengembangan sarana serta media pada proses pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan zaman agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan.


Kata Kunci: Teknologi, PJBL, Youtube, Tari Kreasi

Abstract

Technological developments nowadays are very rapid, this can be seen in the development of information and communication technology. Technology has penetrated every element of society's life, including the world of education, especially arts and culture. Creative and innovative ideas are needed in the development of technological media in the learning process of cultural arts subjects, creative dance material based on tradition, this is the background for the research. The aim of this research is to find out whether technological media using the YouTube application has an effect on students' creativity, especially creative dance material in class XI IPS 3 at SMAN 14 Pekanbaru. The learning process uses the Project Based Learning (PJBL) model with a Student Centered Learning (SCL) strategy. Data collection uses literature studies, observations, interviews, tests and documentation. The results of this research show that the application of the YouTube application as a creative dance learning medium can increase the technological literacy intelligence of class XI IPS 3 at SMAN 14 Pekanbaru. This is demonstrated by optimal learning activities which influence the increase in learning outcomes. This proves the importance of innovation in developing facilities and media in the learning process that are adapted to current developments in order to create enjoyable learning

Keywords: Tekhnology, PJBL, Youtube, Creative Dance

PENDAHULUAN

Teknologi adalah sebuah kemajuan yang tak dapat dihindari. Teknologi merupakan keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah serta memiliki ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia. Teknologi membuat semua jadi instan, mudah dan praktis digunakan. Salah satu contoh teknologi adalah sangat banyaknya aplikasi-aplikasi online beredar dan digunakan semua kalangan masyarakat, seperti: belanja online diberbagai aplikasi seperti: Shopee, Tik Tok, Lazada, Toko Pedia, Beli-Beli.Com, Buka Lapak, dan sebagainya. Masyarakat tidak perlu repot-repot lagi pergi berbelanja, karena saat ini cukup duduk manis aja dirumah, buka handphone dan cari aplikasinya klik order dan barang akan diantar, pembayarannya bisa transfer atau cod/bayar dirumah. Kemudian berbagai aplikasi transportasi juga menjadi pilihan, seperti: Gojek, Maxim, Grab, dan sebagainya. Bukan hanya itu bahkan aplikasi seperti: Mobile Banking, Mobile JKN, Mobile Pajak, berbagai macam ekspedisi bisa didownload dengan handphone masing-masing. Hal ini tentunya sangat praktis, hemat biaya dan waktu.

Teknologi juga merambah dunia pendidikan, teknologi education menjadi pilihan saat ini seperti ruang guru. Mahdianto (2014 menyebutkan bahwa saat ini teknologi telah memiliki peran penting dalam dunia pendidikan, teknologi telah berkembang menjadi alat yang sangat membantu dunia pendidikan dan juga dalam hal menemukan dan mencari informasi terbaru. Teknologi ini akan semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Berbagai fitur aplikasi pendidikan beredar, seperti: Google Classroom, Google Scholar, Quizziz, Chatt JPT, Lms Canva, Zoom, Microsoft Tim, Google Meet, Google Drive, Youtube, Tik Tok dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun