Sekitar lima - sepuluh tahun sebelumnya, dunia bahkan Indonesia, bahkan di dunia usaha sampai aspek apapun, dihebohkan dengan kalimat "collaboration is the new competition". Bahkan CEO Azana Hotel & Resort pun, bapak Dicky Sumarsono, sering menyebutkan kalimat ini ke kami para insan perhotelan, untuk terus mulai menjalankan strategy ini. Apa sebenarnya makna didalamnya hingga orang banyak membicarakan, sampai mulai melakukannya.
Collaboration is the new competition mempunyai arti kolaborasi adalah kompetisi baru. Dimana orang, kelompok, atau badan usaha, melakukan kerjasama, menyamakan visi misi, tujuan, goals, dan lainnya, untuk perkuat jaringan, perkuat kekuatan di pasar, sampai akhirnya dapat membantu meningkatkan pelayanan, penjualan, atau apapun terhadap produknya. Kami di hotel pasti akan berdampak positive bagi pelayanan kami terhadap customer kami.
Pelaku dalam "collaboration is the new competition" ini, (misal di kami di bidang perhotelan). Kami selaku pihak hotel(Front One Harvest Hotel Wonosobo) penyedia jasa, juga teman-teman UKM, mitra lain kami, juga para customer kita semua.
Selaku hotelier, orang yang berkecimpung di dunia hospitality, di dunia hotel khususnya, kami pun punya kelebihan dan kekurangannya. Fokus urgent kami adalah di kekurangan kami. Hotel kami belum mempunyai drug store/mini market, atau toko dalam hotel, atau space/ruangan khusus yang dapat diperuntukkan untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhan tamu hotel. Seperti souvenir, oleh-oleh, makanan khas, ataupun barang-barang lain yg sekiranya menjadin kebutuhan tamu kami. Karena keterbatasan kami, kami coba mengajak kerja sama teman-teman UKM utk pemenuhan kebutuhan tamu tersebut.
Kami juga kerjasama dengan SMK-SMK dikota Wonosobo dalam membentuk SDM(sumber daya manusia) yang lebih baik lagi, siap pakai, dan mampu menghadapi tantangan dibidang pariwisata di dunia nyata. Dengan cara mengisi sesi pembekalan siswa/i saat mau menempuh OJT(on the job training)/ PKL (praktek kerja lapangan). Inipun bertujuan simbiosis mutualisme. Jika siswa/i ini bagus, akan kami serap di hotel kami nantinya. Kolaborasi pun kami lakukan dengan RSI(Rumah Sakit Islam) Wonosobo. Dalam rangka meningkatkan pelayanan RSI Wonosobo dengan menambah sentuhan hospitality dalam pelayanan mereka, yang nantinya diharapkan makin bisa bersaing dalam merebut hati customer dengan pelayanannya yang semakin lebih baik dan memenuhi kebutuhan konsumen, serta bersaing di pasar tentunya. Banyak lagi kolaborasi yang kami sudah lakukan. Seperti pengadaan informasi-informasi objek wisata bagi tamu kami di lobby hotel, dengan mengadakan spot khusus informasi apa saja yang ada di Wonosobo, terutama yang menunjang perjalanan wisata tamu-tamu kami. Seperti wisata agro, wisata edukasi, desa wisata, wisata dengan mobil jeep ke Dieng, dan banyal lainnya. Semua ini jika dijalankan baik, akan bisa saling support dalam banyak hal, promotion, sales & marketing, menambah/perluas network, mata rantai, menurunkan fix cost, menaikkan traffic di on line, meningkatkan brand awarness, dan mencipkatan / menambah revenue pada akhirnya.
Kolaborasi ini sudah kami mulai dari Oktober 2021 kemarin. Saat 0rang sibuk fokus dengan covid, kami tetap coba fokus dengan hal-hal yang produktif. Untuk mengatasi jangkauan "langkah" kami yang terbatas oleh PPKM, tapi tetap kami harus lakukan, untuk beraktifitas, khususnya, untuk kebutuhan diatas tadi. Untuk sales & marketing, branding, dan lain-lain. Sekarang masih terus kami tambah teman/mitra kolaborasi kami. Dengan radio, dept. store, showroom mobil/motor, toko oleh-oleh, komunitas, dan lainnya.
Disamping promotion, sales & marketing, menambah/perluas network, mata rantai, menurunkan fix cost, menaikkan traffic di on line, meningkatkan brand awarness, dan menambah revenue pada akhirnya. Kolaborasi juga bisa saling menguatkan, saling menutupi kekurangan, masing-masing yang terlibat. Misal objek wisata paralayang, mungkin butuh perluasan media informasi agar lebih dijangkau orang lebih banyak lagi. Dengan menaruh brosur di lobby, tamu kami di hotel dapat melihat dan akhirnya menarik untuk mencari tahu dan ingin menikmati object wisata itu. Dept. store, showroom, sangat merasa terbantukan dengan kolaborasi ini. Sebab kami memberi voucher free menginap dihotel kami, kami beri voucher diskon, voucher upgrade level kamar, hingga voucher dinner. Para mitra kami tidak perlu lagi menyediakan hadiah atau souvenir untuk memanjakan customer-nya. Tapi dengan kolaborasi ini kami yang menyediakan untuk diberikan ke customer-nya. Kami pun merasa senang mendapatkan customer baru karena mereka bisa datang ke hotel untuk menginap di kami, mengetahui semua tentang hotel kami, dan next mereka akan menceritakan pengalaman mereka ini ke orang terdekatnya hingga ke orang-orang. Akan ada pertukaran database disini untuk saling support dalam hal promo, sales & marketing, branding dan lainnya seperti di atas tadi.
Sementara ini cakupan area kolaborasi, masih kami lakukan di lokal area Wonosobo terlebih dahulu. Karena agar lebih terarah dan terjangkau. Next kami akan kembangkan ke area sekitar kota Wonosobo, untuk menjangkau lebih luas lagi nantinya, hingga lebih manfaat untuk banyak pihak pada akhirnya.
Kami optimis dengan program kami ini. Meskipun beberapa unsur, sasaran kami yang menjadi calon mitra kami, belum paham betul manfaat dari kolaborasi ini. Karena hanya melihat dari keuntungan instant di hal finansial saja, bukan dengan melihat jauh kedepan. Karena, disini kami dengan simpelnya menyajikan bentuk kerjasama yang sudah pasti "win-win solution" / saling menguntungkan. Kami siap memberi beberapa voucher free menginap, voucher diskon, upgrade level kamar, hingga voucher dari produk cafe kami Harvest Sky Cafe. Jadi tidak ada MOU yang sulit. Hanya memberi kesempatan kami memberi voucher-voucher kami tadi. Otomatis kami akan membranding semua nama-nama mitra kami. Dengan cara apa? Setiap orang datang untuk menginap di kami, akan kami tanya apakah mereka punya voucher dari "si A ..si B..atau C". Karena kami kerjasama dengan mereka. Jika ternyata tidak, kami akan menyarankan untuk mendaparkan di mitra-mitra kami misalnya, untuk menyarakan membeli/belanja di dept. store ini, itu, agar dapat voucher menginap tadi. Ini akan membuat semua tamu kami akan mengarah kesana. Otomatis akan terjalin hubungan saling support, saling mengenalkan, memasarkan. Jadi bagi kalian, semua jenis usaha, merk dagang, perusahaan, instansi apapun, kami akan datang ke kalian, kami juga aka tunggu untuk kolaborasi dengan kami segera. Agar semua menjadi 1, terhubung semua, kuat, dan mampu bersaing di pasarnya masing-masing. Karena kita sudah bersatu, bertukar database, Â saling support dalam banyak hal. Bagi yang bersedia, kami tunggu berita baiknya, atau kami tunggu dihotel kami. Salam kolaborasi !
>Penulis merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, (STPT Jakarta), S.2/ 28R/ 2022.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H