[caption caption="Vario 150 cc eSP (Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi, astra-motor.com dan welovehonda.com)"][/caption]
Berdasarkan pengalaman dan survey, Saya memiliki rangkuman beberapa faktor dominan yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih atau membeli sepeda motor. Faktor tersebut adalah harga, desain dan teknologi yang terkandung dalam sepeda motor. Faktor harga agak sulit mengukur atau membuat standar, karena harga sangat relatif. Harga yang murah menurut seseorang, belum tentu murah bagi orang lain. Begitupun sebaliknya. Jadi faktor pertama ini bisa Kita abaikan.
Faktor kedua yaitu desain sepeda motor, pun tak mudah mengukur standar desain yang disukai masyarakat. Karena desain berhubungan dengan seni/estetika. Tetapi, dalam mendesain sebuah sepeda motor, ada hal lebih penting dari seni/estetika yaitu aspek Aerodinamika dan Ergonomi. Aspek tersebut dirancang melalui metode dan perhitungan ilmiah, jadi bisa dibuat standar Aerodinamika dan Ergonomi untuk semua tipe pengendara sepeda motor.
Faktor terakhir adalah teknologi, merupakan faktor dominan yang sering ditanyakan calon pembeli pada sales/pegawai dealer sepeda motor. Semakin banyak teknologi canggih, semakin tertarik untuk membelinya. Jadi, faktor teknologi mutlak menjadi pertimbangan saat akan membeli sepeda motor.
Jadi, dari 3 faktor tersebut, Kita kerucutkan menjadi 2 faktor, yaitu desain dan teknologi. Bagi pengendara yang selalu mencari kesempurnaan berkendara, kedua faktor tersebut akan menjadi pertimbangan penting dalam memilih sepeda motor. Tentunya demi kemudahan, keamanan dan kenyamanan berkendara. Bagi Anda, pengendara yang mengutamakan kesempurnaan berkendara alias “Perfectionist”, nampaknya tak akan melewatkan tawaran produk teranyar Honda, yaitu Vario 150 eSP.
Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan varian teranyar dari keluarga skuter matik (Skutik) Vario, yaitu Vario 150cc eSP. Keluarga Vario merupakan salah satu produk andalan Honda, yang mampu menguasai pasar skutik Nasional. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang dilansir berbagai media, diketahui bahwa selama tiga tahun terakhir, Vario selalu menduduki posisi tiga besar dalam jajaran sepeda motor terlaris di Indonesia. Sehingga, Honda memang sudah selayaknya terus mengembangkan generasi Vario, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang layak. Lebih dari itu, untuk memenuhi ekspektasi pengendara yang Perfectionist.
Desain Aerodinamis dan Ergonomis
Desain sebuah produk, merupakan aspek pertama yang dilihat konsumen, termasuk desain sepeda motor. Sehingga, sudah sepatutnya desain mendapat perhatian yang lebih. Jika melihat sejarah Vario dari generasi pertama tahun 2006, hingga generasi terbaru, tampak ada perubahan desain.
[caption caption="Generasi Vario (Sumber Gambar: astra-honda.com dan id.wikipedia.org)"]
Saat pertama kali melihat desain body Vario 150 eSP, Saya berksipulan bahwa desainnya elegan, sporty dan futuristik. Ukuran body memang relatif sama dengan generasi sebelumnya, yang cukup signifikan adalah lekukan dan garis body. Generasi terbaru dari Vario, yaitu Vario 125 dan 150 eSP memiliki lekukan dan garis body yang tegas serta terkesan “berotot”. Secara teknik, desain tersebut untuk memperhitungkan aerodinamika body kendaraan, utamanya pada kecepatan tinggi. Hal itu tampak dari desain tebeng depan (bagian wajah) yang menukik dan adanya "jalur udara" berupa irisan celah di bawah lampu depan kiri-kanan. Tak mengurangi nilai estetika, desain Vario 150 eSP terlihat lebih “seksi” dan “gagah”. Kombinasi desain yang sempurna.
Pada bagian wajah depan, Lampu utama (Head Lamp) Vario 150 eSP berbentuk menyudut tajam, bak mata elang yang sedang mengincar mangsa dari ketinggian. Dengan desain simple, sporty dan elegan itu, tampak serasi dengan kontur wajah Vario 150 eSP. Kombinasi desain dan LED sebagai komponen utama lampu, membuat nyala lampu Vario tampak jelas dari kejauhan (saat siang, regulasi Light On) dan memberikan jarak pandang aman saat malam hari.
[caption caption="Lampu Depan Vario 150 eSP (sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi)"]