Kita sering mendengar kata Hubungan masyarakat, atau sering disingkat humas. Dan sekarang sebutan yang lebih keren lagi adalah Public Relations atau di singkat PR. Humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/ organisasi.
Menurut IPRA (International Public Relations Association) Humas adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik (public) untuk memperoleh pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini public di antara mereka.
Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, menyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
Dalam suatu perusahaan, humas merupakan profesi yang memegang kendali agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Humas dianggap menjadikan perusahaan menjadi lebih baik karena dalam kinerjanya, ia harus bisa membangun citra perusahaan tersebut agar penilaian orang terhadap perusahaan tersebut positif.
Kesuksesan bidang kehumasan sangat ditentukan oleh kwalitas dari personal pejabat humasnya yang bisa memberikan keterangan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat lewat media massa. Seorang humas harus dekat dengan rekan-rekan media dan tidak sulit jika dimintai keterangan atau penjelasan mengenai perusahaannya.
Namun, kesuksesan pejabat humas tidak terlepas dari peran serta staf humas yang membantu semua keperluan pejabat humas dalam penyediaan informasi.Seorang humas tidak akan berhasil jika bekerja sendiri tanpa memberdayakan stafnya.
Seorang staf humas harus memiliki kemampuan yang lebih di banding Kahumasnya. Yang membedakan antara kahumas dan staf hanya dari sisi kewenangan berbicara pada media. Karena informasi yang disampaikan berhubungan dengan citra perusahaan sehingga tidak semua orang bisa bicara kecuali pimpinan tertinggi atau kahumasnya.
Staf humas yang handal sangat diperlukan dalam mendukung kinerja kehumasan. Apalagi saat ini, tidak jarang posisi pejabat humas diisi oleh orang -orang yang tidak memiliki latar belakang kehumasan. Sehingga membuat staf humas harus bisa mengarahkan agar pekerjaan kehumasan yang selama ini dilakukan tetap konsisten dan berjalan dengan baikjika ada pergantian pejabat humas.
Sesuai tanggung jawabnya, sebagai pekerja humas adalah memberikan informasi, mendidik, menyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat, maka penulis berpendapat ada 10 Kriteria yang harus dimiliki staf humas.Antara lain:
1.Menguasai bagaimana penulisan berita yang baik
2.Memiliki jaringan dengan wartawan cetak dan elektronik serta media online
3.Mengusai teknologi komunikasi dan komputer
4.Aktif di sosial media
5.Memiliki jaringan denganpelanggan atau masyarakat, jika perushaannya berhubungan dengan bidang jasa.
6.Memiliki jaringan dengan instansi terkait.
7.Menjadi teman diskusi yang baik bagi pejabat humasnya
8.Mengusai publik speaking
9.Mengikuti perkembangan berita atau informasi, baik yang berkenaan langsungdengan perusahaannya atau masalah umum lainnya.
10.Memiliki jiwa kebersamaan dalam bekerja pada sebuah tim
Itulah 10 kriteria yang harus dimiliki oleh seorang staf humas sehingga dia bisa menunjang kesuksesan dari kahumasnya. Suksesnya humas memberikan informasi kepada masyarakat maka citra positif perusahaan, organisasi atau lembaga dapat diraih.
Nah, saya akan menjabarkan 10 kriteria menjadi stasf humas berdasarkan pengalaman saya menjadi staf humas selama hampir10 tahun di sebuah perusaaan BUMN yangbergerak dalam bidang jasa transportasi. Tentunya saya akan jabarkan pada tulisan berikutnya...@yos
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H