Mohon tunggu...
Yosafat Sanjaya Widjaja
Yosafat Sanjaya Widjaja Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang Mahasiswa Teknik Informatika yang antusias dan bermotivasi tinggi, inisiatif, dan suka mencari tantangan baru. Saya memiliki hobi berenang. Topik yang saya minati adalah Teknologi dan olahraga khususnya sepak bola.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi Yosafat Sanjaya 6182201012

26 Oktober 2022   23:43 Diperbarui: 26 Oktober 2022   23:46 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Unpar 

Pada hari Sabtu 22 Oktober lalu saya mengikuti geladi Hominisasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) Unpar secara online melalui zoom meeting. Untuk bisa mengikuti acara geladi Hominisasi ini saya sebelumnya telah mendaftarkan diri saya melalui google form dan sudah mengerjakan tugas pra geladi. 

Tugas pra geladi yang ditugaskan berisi 2 pertanyaan tentang bagian syair paling menarik dari lagu Indonesia Raya versi 3 stanza, bagi saya bagian syair yang paling menarik adalah Indonesia tanah yang yang suci  tanah kita yang sakti dan pertanyaan yang terakhir adalah tantangan saya sebagai mahasiswa dan tindakan kecil yang bisa saya lakukan untuk mempertahankan ketahanan pangan. 

Setelah menyelesaikan kedua pertanyaan itu saya mendapatkan link zoom meeting untuk tanggal 22 Oktober. Acara ini dimulai pukul 8 pagi sampai pukul 1 siang didalam rentan waktu ini kami para Mahasiswa diwajibkan untuk on cam dan aktif menjawab setiap pernyataan dan aktif saat diskusi kelompok. 

Setelah mengikuti seluruh rangkaian acara geladi Hominisasi ini saya mendapatkan beberapa hal yang baru dan berguna bagi saya setelah saya refleksikan yaitu dari acara geladi Hominisasi ini saya belajar bahwa setiap manusia tercipta dengan akal budi dan kehendak bebas yang dimana kita sebagai manusia diharapkan mampu menggunakan kemampuan berakal budi dan  kehendak bebas itu  untuk berpikir secara logis dan rasional dengan penuh tanggung jawab. 

Saya di geladi Hominisasi ini  juga  diajarkan bahwa  warga negara  yang  menggunakan bahasa indonesia yang baik dan berpikir rasional/logis  penting , karena dengan kita menggunakan bahasa indonesia yang baik kita dapat menyampaikan ide, pikiran, perasaan kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan dengan kita berpikir menggunakan logika kita dapat menyelesaikan masalah dengan cepat,tepat dan sesuai dengan data / fakta.

Manfaat yang saya dapatkan dari geladi Hominisasi adalah saya dapat lebih percaya diri dalam menyampaikan ide atau pendapat saya didepan banyak orang, dari geladi Hominisasi ini saya terlatih untuk bertemu banyak orang baru dari latar belakang yang berbeda, selain itu saya dapat lebih berpikir kritis terhadap persoalan  yang saya hadapi dan yang manfaat terakhir yang saya dapatkan adalah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang sesingkat mungkin tetapi dengan hasil yang baik. 

Saya sebagai mahasiswa kedepannya ingin menerapkan apa yang telah dapat dari geladi Hominisasi ini untuk menjadi bekal saya dan pedoman saya di masa depan. 

Saya akan menerapkan prinsip untuk berbahasa indonesia yang baik dengan berbicara saat presentasi  dan menulis tugas karya ilmiah dengan menggunakan bahasa indonesia yang sesuai EYD/kaidah. Saya akan menerapkan prinsip berpikir yang baik dengan tidak secara langsung menganggap benar dan salah suatu hal namun mencari fakta dan datanya dulu sebelum membuat kesimpulan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun