Boss dan Leader, sekilas terdengar sama. Ya,, mereka sama-sama memimpin sesuatu, tapi ada perbedaan besar dalam “cara” mereka memimpin suatu perusahaan atau apapun itu. Secara sadar atau tidak kita pasti sudah pernah memimpin sesuatu entah itu sebuah perusahaan, organisasi, atau menjadi ketua kelas saat dulu di sekolah, atau bahkan pernah memimpin suatu geng?. Berikut ini merupakan penjelasan singkat perbedaan antara boss dan leader menurut saya yang telah dikaji dari beberapa sumber :
Boss says “I”, Leader says “WE”
Pada poin ini, bagi seorang bos, dia adalah penguasa suatu perusahan, atau apapun. Jadi bos menganggap apa yang ada didalam adalah miliknya sendiri, dan dia bebas melakukan apapun karena semuanya adalah miliknya sendiri.
Namun tidak bagi seorang leader atau leader, bagi seorang leader yang baik, apa yang ada dan dimiliki perusahan berarti adalah milik seluruh anggota diperusahaan tersebut, karena milik bersama jadi dikerjakan bersama dan dipertanggung jawabkan bersama.
Boss uses PEOPLE, Leader develops PEOPLE
Bagi seorang boss anggota karyawan di perusahaannya tak lebih dari sebuah alat yang menguntungkan perusahaannya, dan jika kinerja karyawan sudah menurun, si boss tidak akan sungkan untuk memecat karyawan yang sudah bekerja keras untuk menggerakkan perusahaan.
Bagi Leader, karyawannya bukanlah alat, namun asset yang berharga dan perlu dibimbing dan dilindungi. Leader akan ikut membantu memaksimalkan kinerja karyawan, dan membantu mereka dalam membangun mental yang kuat untuk bekerja.
Boss inspires FEAR, Leader earns RESPECT
Boss akan memaksa karyawan bekerja maksimal dibawah intimidasi serta tekanan jika tidak bekerja dengan baik maka karyawan tersebut akan dihukum atau bahkan dipecat, tak peduli apapun kondisi karyawannya, si bos akan tetap memaksa mereka bekerja dalam kondisi maksimal, intinya si bos ini menggunakan intimidasi agar para karyawan tunduk dan patuh kepadanya.
Sedangkan leader itu menghargai dan menghormati para karyawan, dengan begitu karyawanpun akan menghormati dan patuh pada leadernya. Leader memahami keadaan karyawannya, dan tidak menggunakan intimidasi untuk menjalankan keleaderannya.
Boss takes CREDIT, leader gives CREDIT