PENDIDIKAN
Pendidikan adalah proses mengubah sikap dan tingkah laku dalam usaha mendewasakan siswa oleh guru melalui kegiatan proses belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar itu sendiri merupakan kegiatan menularkan informasih dari guru terhadap siswa. Untuk mencapai proses belajar mengajar yang baik guru berusaha menjadi panutan dengan memperlihatkan kepribadian dan sikap yang positif, cakap dalam menyampaikan informasih, motivatoris, dan yang paling penting adalah revlektif.
KEMANPUAN SEORANG GURU
Kemampuan reflektif dari seorang guru merupakan kunci utama dalam hal membangunkan pengertian siswa terhadap ilmu pengetahuan yang ia pelajari dari pengalaman hidup siswa.Â
Sebap, belajar dari pengalaman akan memudahkan siswa membangunkan pengetahuannya, sehinggah bernilai guna bagi kehidupan nyata siswa dikemudian hari. Karena pada dasarnya, dari sudut pandang filsafat pragmatisme, pendidikan atau pengajaran itu dikatakan benar, jika bernilai guna bagi kehidupan nyata manusia. Untuk itu, dilihat dari sudut pandang pragmatisme, sistem pendidikan yang benar itu adalah sistem pendidikan yang memberi nilai guna dalam membangunkan pengetahuan dan keterampilan siswa.Â
SISTEM PENDIDIKAN
Sistem pendidikan merupakan pendekatan yang digunakan untuk menentukan kualitas proses pendidikan. Â Melalui sistem pendidikan, kita dapat melihat berbagai aspek yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu proses. Kata sistem berasal dari bahasa Yunani yaitu systema yang berarti cara, strategi. Dalam bahasa Inggris system berarti sistim, susunan, jaringan, cara. Sistem juga diartikan sebagai suatu strategi, cara berpikir atau model berpikir. Jadi, sistem pendidikan adalah semua hubungan timbal balik interaksi dari unsur-unsur pendidikan yang bekerja sama secara terpadu dalam mengatur arah jalannya pendidikan.