Ceritra tentang  anak-anak  di rimba Papua,  nyaris  tak  ada  yang elok dan menggembirakan  bila  diperhadapkan dengan  situasi 'terkini'  di luar tanah  Papua.
Publik  mungkin merasa  terkesima mendengar  atau  melihat segelintir pembangunan  dan  perkembangan yang terjadi  di  beberapa  titik / wilayah Papua.  Namun  Situasi  itu  tidak bisa  mewakili semua  wilayah di  tanah  Papua.
Jika kita  berjalan lebih jauh ke kampung-kampung  di pedalaman maka serentak itu pula pikiran dan perasaan kita  akan melahirkan sejumlah  pertanyaan yang 'menggugat'...mengapa, bagaimana, kok bisa...?  Dan  mumgkin  sejumlah  kata tanya  dan pernyataan lainnya.Â
Kita  tidak  bisa  pungkiri realitas  yang terjadi saat ini  yang tengah  menderah  anak-anak  di rimba  Papua.  Mulai  dari  masalah  pendidikan, kesehatan, Ketahanan  pangan  sampai  dengan  masalah pembangunan infrastruktur, media informasi dan  komunikasi serta  transportasi.
Masalah  Transportasi  dan  media  komunikasi  menjadi  sebuah persoalan  besar  yang telah banyak  mengorbankan  banyak  jiwa.  Karena  banyak  pasien  yang tak bisa  tertolong.
Sudah banyak  terjadi  kasusu para  ibu  yang gagal  partus  dan mengorbankan  nyawa  bayi  atau  nyawa sang ibunya  sendiri yang menjadi korbannya.  Hal itu  disebabkan oleh  karena jarak tempuh hampir sehari  dengan  menggunakan alat  transportasi   perahu  dayung atau *perahu mesin katinting  dari kampung ke pusat  pelayanan  kesehatan (Puskesmas di pusat Distrik). Â
Di sisi  lain, banyak masyarakat  yang menderita  penyakit  kronis  seperti :  Kusta, penyakit  Kulit bersisik, TBC, malaria dan masalah  gizi  buruk yang  memicu  kematian  bayi dengan  angka  yang cukup tinggi.Â
 Sementara  itu  dibidang pendidikan,  masalah  kekurangan  guru/tenaga  pendidik menjadi  bahasa  klise  dalam usaha  menggejot  SDM anak-anak di rimba ini.  Namun  sering kali alasan ini  kurang  pas jika ada  sejumlah  guru/tenaga  pendidik yang  tidak betah untuk  tinggal di kampung-kampung bahkan sering  membuat  'jadwal libur sendiri' di kota atau  pulang kampung di luar tempat  tugasnya  dalam  waktu  yang lama. Â
Masalah pendidikan  di Papua  menjadi sebuah persoalan  serius  dan harus  ditangani secara  serius pula.  Kita  tidak  bisa  mengukur  perkembangan  pendidikan  di Papua  hanya memotret di ibu kota  propinsi  atau  kabupaten tertentu  saja.  Maka  mari kita  melihat situasi pendidikan   untuk anak-anak Pupua  secara menyeluruh.Â
Membedah  sebuah  persoalan  yang dihadapi  oleh  anak-anak  di rimba  Papua  tidak  bisa   hanya  dari satu  sisi saja.  Kita  harus  peka untuk  melihat  dan  secara  kritis  pula membedahnya  secara menyeluruh dan komprehensif.Â
Dibalik semua  situasi  yang  memprihatinkan  ini  hanya  ada  satu  kata  kunci  yakni  Komitmen  dan Keberpihakan   dalam usaha  membantu anak-anak di rimba  ini.Â