Mohon tunggu...
Yohanes Tegar Krisnanda
Yohanes Tegar Krisnanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hello there

Just a regular boy living a regular life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Berproses dalam Geladi Hominisasi

9 April 2022   11:12 Diperbarui: 9 April 2022   11:13 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Proses geladi hominisasi dimulai dari mengerjakan tugas pra geladi. Dalam tugas pra geladi, kami diminta untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 Stanza dan memilih bagi syair yang menarik serta menjelaskan kenapa syair tersebut menarik bagi kami. Setelah mahasiswa mengumpulkan tugas pra geladi melalui google form, link zoom untuk proses geladi akan diberikan melalui email mahasiswa.

Dalam zoom geladi hominisasi, kami diminta untuk berdinamika dalam kelompok. Setiap kelompok memiliki tema tersendiri yang kemudian di presentasikan pada pembina geladi serta kelompok lain dalam bentuk role play.

Pengalaman mengikuti geladi ini membantu saya untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam melakukan presentasi. Saya juga mendapatkan ilmu baru mengenai cara presentasi yang baik sehingga para pendengar tidak bosan. Geladi ini juga mengajarkan saya pentingnya kemampuan berlogika dan berbahasa dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara. 

Dengan kemampuan berlogika yang baik, kita sebagai individu akan lebih kritis dalam bertindak dan berbicara, dan kemampuan berbahasa yang baik memungkinkan kita untuk menyampaikan pikiran kita secara jelas tanpa menyinggung pihak lain.

Saya menemukan bahwa setelah mengikuti geladi hominisasi, kemampuan saya untuk menyampaikan presentasi saya menjadi lebih baik. Dengan adanya kepercayaan diri dalam melakukan presentasi, kemampuan dasar untuk menentukan gagasan utama dari presentasi tersebut, serta kemampuan untuk menyampaikan presentasi tersebut dalam bahasa yang mudah dimengerti merupakan ilmu yang penting bagi saya sebagai seorang mahasiswa. 

Saya akan menerapkan ilmu tersebut dalam perjalanan perkuliahan saya dan juga dalam kehidupan saya sehari-hari. Dalam dunia perkuliahan, saya akan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti namun mengandung makna yang baik dalam presentasi maupun penulisan. Dalam kehidupan sebagai warga negara, saya akan lebih kritis dalam berpikir dan membuat keputusan.

#unpar  #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun