Mohon tunggu...
Yopiklau
Yopiklau Mohon Tunggu... Lainnya - Penyuka hal-hal sederhana

Banyak keajaiban tersembunyi dalam kesederhanaan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Waspada Tumbuhnya Benih 'Peperangan' Akibat Budaya Lomba Di Sekolah

18 Desember 2024   12:38 Diperbarui: 18 Desember 2024   12:41 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: https:/hidayatullah.com

Tulisan ini terinspirasi dari argumentasi dua pemikir filsafat Indonesia. Pertama, Prof. C.B. Mulyatno, seorang dosen Filsafat di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta yang menamatkan s3 filsafatnya di Universitas Urbaniana, Roma. Dalam sebuah Sarasehan Perayaan Syukur 60 Tahun Berkah Pembaharuan Konsili Vatikan II di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, Yogyakarta, 15 Oktober 2022, Prof. Mulyatno mengungkapkan keresahannya terkait karya edukatif Gereja Katolik.  Sekolah-sekolah Katolik di Indonesia jatuh pada arus rivalitas yang sangat kuat. Mereka dengan semangat mengikuti berbagai lomba untuk saling mengalahkan. Bagi Prof. Mulyatno, di situlah pendidikan menjadi lembaga yang menanamkan benih 'peperangan', bukan kasih sebagaimana yang merupakan inti pokok karya Gereja Katolik.

Kedua, Dr. Reza Wattimena, seorang lulusan s3 Filsafat dari Universitas Mnchen, Jerman. Dalam sebuah artikel di Blog Rumah Filsafat yang didirikannya, Reza menulis sebuah judul yang sangat menarik: "Kompetisi dan Komparasi: Dua Racun Mematikan Pendidikan". Penulis buku Revolusi Pendidikan ini melihat bahwa di dunia global sekarang ada dua prinsip pendidikan yang diterapkan, yaitu kompetisi dan komparasi. Dalam prinsip kompetisi, anak didorong untuk berkompetisi menjadi yang terbaik dari antara teman-temannya meskipun mengorbankan kebahagiaan dan kecerdasan alami yang dimilikinya. Kompetisi menjadi ukuran yang berlaku di berbagai tingkat pendidikan. Sang juara dipuja seperti dewa, sementara yang nomor dua dan seterusnya adalah pecundang. Akibatnya, sekolah hanya menjadi tempat melenyapkan kebahagiaan alami anak.

Argumentasi dari dua pemikir hebat di atas sama-sama mengingatkan kita terkait bahaya rivalitas atau lomba yang sudah menjadi bagian dari budaya sekolah. Selama ini mungkin kita tidak sedikitpun meragukan pentingnya lomba sebagai bagian dari proses pendidikan di sekolah. Kita terus-menerus mengagungkan lomba sebagai jalan meningkatkan kualitas siswa. Tdak heran jika hampir semua sekolah selalu mendorong para siswanya untuk terlibat dalam setiap perlombaan. Namun, sadarkah kita bahwa lomba atau rivalitas di sekolah dapat memicu tumbuhnya benih 'peperangan'?

Pada konteks internasional, peperangan antar negara masih juga berlangsung. Israel dan Palestina, Israel dan Lebanon, Ukraina dan Rusia. Barangkali kita adalah beberapa dari jutaan warga dunia yang vokal melontarkan kecaman atas peperangan. Dengan segala cara kita bersuara agar peperangan segera dihentikan. Ada yang bersuara di media sosial. Ada yang berdemonstrasi di jalanan. Ada juga yang menghasilkan karya-karya seni bertemakan stop peperangan. Itu semua kita lakukan karena sadar bahwa peperangan bukan jalan yang paling tepat menyelesaikan konflik antar negara. Sebaliknya, peperangan hanya menciptakan persoalan dan kesengsaraan yang besar bagi manusia. Sejarah dunia telah membuktikan betapa besar kerusakan dan penderitaan yang terjadi akibat peperangan.

Di Indonesia perang sudah berakhir setelah penjajahan Jepang. Walau demikian, 'peperangan' dalam bentuk konflik dan pertikaian masih saja sering terjadi. Misalnya konflik bersenjata antara militer Indonesia dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang sudah dimulai sejak tahun 1961. Di media sosial juga sering diberitakan peristiwa tawuran antar pelajar. Saya sendiri bahkan beberapa minggu lalu melihat langsung tawuran antar beberapa pelajar SMA di salah satu pinggiran jalan kota Bogor. Mirisnya, mereka melakukan itu di saat masih mengenakan pakaian seragam sekolah. Mereka seakan-akan sedang mengotori putihnya tujuan sekolah oleh tawuran yang mereka lakukan. Untung saja saat itu ada sejumlah warga yang langsung membubarkan mereka.

Potret tawuran antar pelajar sebetulnya mengindikasikan ketidakberesan pada proses pendidikan di sekolah. Sejatinya sekolah menjadi tempat utama membentuk manusia untuk menajamkan akal budi dan mengasah hati nuraninya agar dapat menyelesaikan persoalan bukan dengan peperangan atau tawuran. Kenyataannya, sekolah menampilkan sisi lain yang membuat masyarakat menggeleng-gelengkan kepala. Apa yang diajar atau dikondisikan sekolah sehingga tawuran antar pelajar masih sering terjadi?

Keresahan Prof. Mulyatno dan Dr. Rezza tentang budaya rivalitas atau kompetisi di sekolah harusnya segera disadari oleh seluruh insan pendidikan. Itu adalah benih buruk yang tidak sepenuhnya disadari sebagai cikal bakal hasrat 'berperang' untuk menjadi pemenang. Ini tentu saja bahaya halus yang mendistorsi keluhuran sekolah. Jika tetap dibiarkan, pada saatnya sekolah tidak lagi bisa diandalkan untuk mendidik manusia menjadi lebih beradab dan menciptakan perdamaian. Sebaliknya sekolah hanya menjadi lahan subur persemaian benih 'peperangan'.

Sepintas diamati, berbagai kompetisi atau lomba yang diselenggarakan sekolah biasanya dimaksudkan untuk menggali kualitas atau potensi para siswa. Dengan kata lain lomba merupakan jalan untuk menemukan potensi terbaik siswa. Lebih dari itu, secara lengkap Rini Wulandari dalam tulisan artikelnya 'Mengajak Siswa Ikut Lomba, Apa Untungnya' mengemukakan beberapa manfaat lomba, yakni: menguatkan jam terbang, menambah motivasi, menambah keunggulan atau gengsi sekolah, memotivasi para guru, memotivasi siswa lainnya, dan meningkatkan program maupun kreativitas sekolah. Tujuan-tujuan itu tampaknya sangat positif. Namun, apakah semuanya itu hanya bisa dicapai dengan lomba?

Sebetulnya ada cara lain juga tanpa harus melalui lomba. Misalnya dengan menyuruh para siswa membuat karya sesuai minat dan bakatnya lalu sekolah atau dinas pendidikan memberi apresiasi yang positif. Karya-karya itu bisa dimuat di media sosial untuk mendapat apresiasi sekaligus masukan dari masyarakat luas. Cara lain juga yakni sekolah menyelenggarakan pertunjukan atau pementasan para siswa di hadapan banyak orang. Cara-cara seperti itu sangat mungkin bisa mencapai berbagai dampak yang positif entah bagi siswa maupun bagi sekolah.

Saya juga membuktikan sendiri  melalui pengalaman pribadi bahwa saya mampu dalam beberapa keterampilan bukan dengan jalan mengikuti lomba. Saya bisa bermain gitar dan organ hanya dengan keseringan tampil. Artinya ada kesempatan yang disediakan kepada saya untuk tampil meskipun saya tidak langsung mahir. Melalui keseringan tampil tanpa lomba, saya sedikit demi sedikit memperoleh manfaatnya. Mental makin berani, kemampuan bermusik makin meningkat, dll. Saya juga bisa menulis di sini bukan karena saya telah berkali-kali mengikuti lomba. Saya hanya rajin menulis buku harian untuk konsumsi pribadi. Lalu saya memuat tulisan di sini dengan maksud agar blog ini menjadi tempat penyimpanan lain tulisan saya dan mudah-mudahan saya semakin mampu menulis seiring banyaknya menulis. Pada saat yang sama, semoga saja ada pembaca yang mendapatkan manfaat atas tulisan-tulisan saya di sini sambil juga memberi masukan yang berarti untuk meningkatkan kualitas tulisan-tulisan saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun