Mohon tunggu...
Yohana Aprilia
Yohana Aprilia Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswi

Nama : Yohana Aprilia NIM : 46122110041 Mata Kuliah : Kewirausahaan 1 Dosen : Prof. Dr. Apollo, Ak., M.Si. Program Studi : Psikologi Universitas Mercu Buana Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Porter's Five Generic Strategis Proposal Bisnis Coffee Shop

7 Mei 2023   02:06 Diperbarui: 7 Mei 2023   02:10 566
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Porter's Five Generic Strategies adalah kerangka kerja yang digunakan dalam strategi bisnis untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam suatu industri. Berikut adalah cara menggabungkan elemen what (apa), why (mengapa), dan how (bagaimana) dalam proposal usaha coffee shop dengan menggunakan Porter's Five Generic Strategies:

1. What (Apa): Menyediakan kualitas kopi premium dan pengalaman kafe yang unik.

2. Why (Mengapa): Mengakomodasi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang semakin meningkat terhadap kualitas kopi, suasana kafe yang nyaman, dan pengalaman bersosialisasi yang menyenangkan.

3. How (Bagaimana):

a. Strategi Diferensiasi: Menawarkan berbagai macam varian kopi berkualitas tinggi, termasuk biji kopi yang dipilih dengan cermat dan metode penyeduhan yang terbaik. Menciptakan suasana kafe yang unik dengan desain yang menarik, layanan yang ramah, dan ruang yang nyaman untuk bersantai dan bekerja.

b. Strategi Fokus: Memilih segmen pasar tertentu untuk difokuskan, seperti para pecinta kopi dengan minat khusus pada kopi single-origin atau kopi organik. Menyediakan informasi dan pengetahuan mendalam tentang kopi-kopi yang ditawarkan untuk menciptakan pengalaman yang berarti bagi pelanggan yang peduli tentang asal-usul dan kualitas kopi.

c. Strategi Biaya Rendah: Menerapkan efisiensi operasional untuk mengendalikan biaya produksi dan operasional. Misalnya, dengan membeli kopi langsung dari produsen untuk menghilangkan biaya perantara, menggunakan teknologi yang efisien untuk proses penyeduhan, dan mengoptimalkan penggunaan bahan baku untuk mengurangi pemborosan.

d. Strategi Diferensiasi Fokus: Kombinasi dari strategi diferensiasi dan fokus, yaitu menyediakan varian kopi unik dan berkualitas tinggi kepada segmen pasar yang spesifik, seperti para pecinta kopi dengan minat pada kopi-kopi langka atau kopi khas suatu wilayah tertentu.

Dalam pengembangan proposal usaha, Porter's Five Generic Strategies dapat membantu dalam merumuskan strategi yang sesuai untuk coffee shop Anda. Dengan memahami posisi yang diinginkan dalam hal biaya dan diferensiasi, serta segmentasi pasar yang tepat, Anda dapat mengembangkan pendekatan yang efektif untuk mencapai keunggulan kompetitif dan berhasil dalam industri kafe.

Dengan menggabungkan elemen what (apa), why (mengapa), dan how (bagaimana) dalam proposal usaha coffee shop menggunakan Porter's Five Generic Strategies, Anda dapat merencanakan pendekatan yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam industri kafe dan membedakan usaha Anda dari pesaing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun