Mohon tunggu...
Yogi RahmanPratama
Yogi RahmanPratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya mahasiswa aktif

Halo saya adalah orang yang suka berteman dengan siapapun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Public Speaking Bisa Memperbaiki Semua Yang Terhalangi?

9 Januari 2023   08:30 Diperbarui: 9 Januari 2023   08:31 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

UAS PUBLIC SPEAKING Dr. Geofakta Razali

Assalamualaikum..


Halo gaes,

Salam kenal semua nya,perkenalkan nama saya Yogi Rahman biasa dipanggil Yogi atau Igoy tapi terserah kalian mau manggil apa si hihi. Saya adalah mahasiswa aktif semester 5 di Institut Stiami kampus pusat, saya ambil jurusan Manajemen Komunikasi dan konsentrasi yang saya ambil adalah Public Relations. Saya tinggal diDepok dan selain kuliah saya juga aktif Organisasi di Kampus saya, saya ambil organisasi Lemapka atau lembaga pers dan radio kampus. Saya aktif sekali di organisasi ini dan saya lebih ke radio aktifnya karna saya suka ngomong dan sangat suka sekali bawa siaran di radio, selain itu saya juga salah satu produser di salah satu segmen yang dimana segmen ini membahas tentang aktifitas yang ada di kampus saya. Jadi saya selalu mencari info info mengenai kampus dan organisasinya, saya juga seorang humas di organisasi Lemapka. Dan intinya saya ingin membahas mengenai pengalaman Public Speaking yang membuat kelebihan,kekurangan serta proses belajanya dan pastinya tidak butuh waktu yang sangat lama

Oke saya akan membahas tentang kekurangan yang saya miliki selama hidup 24 Tahun dan bertemu banyak sekali orang dengan karakter dan sifat serta watak yang berbeda satu sama lain, serta sering sekali saya menemukan orang yang bertolak belakang pemikiranya terhadap saya. Kekurangan saya itu dalam public speaking adalah orang yang kurang nyaman berbicara dibanyak khalayak serta sering sekali merasa tidak percya diri dengan apa yang akan saya hadapi, dan saya juga sering gagu dalam bicara dengan orang banyak didepan khalayak . Serta saya juga orang yang selalu mengikuti mood bila ingin melakukan sesuatu. Akan tetapi dari kekurangan saya dalam public speaking saya terus belajar dan alasan saya masuk Manajemen Komunikasi agar saya bisa terus belajar apa yang saya tidak bisa, karna saya juga suka bicara walau bukan di depan khlayak banyak. Oh ya saya juga adalah orang yang tidak bisa menolak permintaan orang lain apa lagi itu orang terdekat saya dan saya ada orang yang tidak enakan dalam hal apapun, semoga saya bisa mengurangi kekurang yang saya punya dan saya akan belajar memperbaiki kekurangan yang saya punya .

Nah sekarang saya mau membahas tentang kelebihan yang saya miliki selama saya hidup 24 tahun, saya mempunyai imajinasi setiap apapun yang saya akan jalani dan yang akan saya hadapi. Saya juga adalah orang yang ceria dan receh kalau sudah kenal dengan orang lain kayak ga ada malu nya terus kata kawan kawan saya saya adalah orang yang bisa memikat sesuatu agar bisa saya dapatkan, tapi itu semua tidak saya gunakan jika tidak kepepet dan tidak bisa di gunakan oleh akal pikiran serta logika yang saya punya. Saya juga memilik ide ide yang baru makannya saya dijadikan prosuder di organisasi saya yang dimana dalam secment tersebut saya harus mencari ide baru dan yang buat pendengar radio tidak bosan dengan saya dan bintang tamu atau parter saya saat sedang siaran. Oh ya saya juga orang yang getol jika sesuatu yang saya suka dan pasti akan saya selsaikan dengan hati yang senang, jujur saya bingung kalau saya membahas kelebihan diri saya sendiri ya karna yang menilai saya itukan orang lain ya jadi saya membahas yang apa orang lain katakan sebagian ..

Menurut saya proses belajar public speaking itu sangat penting buat diri kita, agar kita bisa dan mampu berbicara di depan umum , dengan semua itu kita bisa menyampaikan informasi tentang apapun kepada orang disekitar kita. Tidak hanya  informasi kita juga bisa memberi motivasi dan menghibur kepada orang disekitar kita, manfaat dari publick speaking tersebut yaitu menumbuh kan rasa kepercayaan bagi diri kita dan kita mempunyai rasa kepemimpinan buat orang lain yg di sekitar kita oleh krena itu manfaat nya juga sangat baik dan sangat banyak buat diri kita dan buat orang lain.

Semoga kita semua bisa memperbaiki kekurangan kita dan bisa mengolah lebih baik lagi kelebihan yang kita punya, jangan segan belajar public speaking karna dampak baik nya bisa dipakai selama kita hidup di dunia .

See u gaes . Makasih sudah mau membaca sedikit dari yang saya miliki ..

Saya akan tetap bangga memiliki kekurangan yang saya punya serta kelebihan yang saya punya .. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun