Mohon tunggu...
Yogi Hamboro Bekti
Yogi Hamboro Bekti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta

belajar belajar belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Grab dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Era Digital

8 Juli 2024   10:00 Diperbarui: 8 Juli 2024   10:06 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejalan dengan kemajuan teknologi dalam infrastruktur kota, seperti transportasi yang semakin canggih di era modern, jasa transportasi telah menjadi sarana vital dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Dalam konteks ini, kualitas produk atau jasa bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan sebuah perusahaan. 

Bagaimana sebuah perusahaan mempromosikan produk atau jasanya menjadi krusial dalam menjalankan bisnisnya. Dalam era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam strategi pemasaran, mendorong perusahaan untuk beradaptasi dan berinovasi agar tetap kompetitif dan relevan dengan pasar targetnya.

Salah satu perusahaan yang sukses memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan strategi pemasarannya adalah Grab. Grab, yang didirikan pada tahun 2012 oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling di Malaysia, awalnya dikenal sebagai MyTeksi sebelum berevolusi menjadi GrabTaxi, dan akhirnya merebranding diri menjadi Grab. Perusahaan ini tidak hanya menawarkan layanan pemesanan taksi melalui aplikasi mobile, tetapi juga telah memperluas operasinya ke berbagai layanan lain seperti pengantaran makanan, logistik, dan pembayaran digital di Asia Tenggara

 Tujuan dan Manfaat Studi Kasus

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran digital yang digunakan oleh Grab untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di era digital. Selain itu, studi ini juga bertujuan untuk memahami peran teknologi informasi dan komunikasi dalam mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan transportasi modern seperti Grab. 

Manfaat dari studi ini adalah memberikan panduan dan wawasan bagi perusahaan lain tentang bagaimana mereka dapat memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif di era digital.

 Gambaran Studi Kasus Grab

Grab tidak hanya menjadi pemimpin pasar dalam layanan transportasi online di Asia Tenggara, tetapi juga telah mencapai kesuksesannya melalui integrasi yang baik dari strategi pemasaran yang mencakup berbagai aspek. Grab menggunakan teknologi e-commerce dalam operasionalnya, dengan aplikasi Grab sebagai platform utama yang menghubungkan pengguna dengan layanan transportasi dan lainnya.

Visi Grab adalah memberikan solusi transportasi yang mudah dan aman bagi masyarakat di Asia Tenggara, sementara misinya adalah menjadi penyedia layanan teraman dan meningkatkan kehidupan para mitra kerjanya, baik pengemudi maupun penumpang. Untuk mencapai tujuan ini, Grab mengadopsi berbagai strategi komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, menarik pelanggan baru, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan tentu saja, meningkatkan penjualan.

Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Grab

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun