Memahami Strategi Perkembangan Produk Baru dan Mengelola Siklus Hidup Produk – Hampir semua bisnis, baik itu kecil maupun besar, selalu berhubungan dengan pemasaran produksi, pengembangan, manufaktur, dan juga penjualan produk. Ketika sudah menghasilkan produk, bagian manajemen akan mengerjakan strategi tentang bagaimana cara melakukan pengembangan produk baik yang sudah ada atau membuat produk baru.
Mengingat perubahan yang cepat dalam industri teknologi tinggi dan persaingan global yang ketat di pasar, memperpendek siklus hidup suatu produk diperlukan. Latar belakang seperti itu menyoroti peran pengembangan produk baru (NPD). Banyak penelitian telah mengeksplorasi bagaimana hasil proyek NPD (new product development) dipengaruhi oleh key success factors (KSFs). Dalam makalah ini, kami menyelidiki pendekatan key success paths (KSPs) dengan membuat dan menerapkan berbagai kombinasi hasil KSFs dan NPD (Wu et al., 2011). Secara umum, perusahaan perlu merancang strategi NPD antar lembaga dengan cermat dengan berbagai kebutuhan proyek inovasi (Gholizadeh & Fazlollahtabar, 2021).
Diindikasikan bahwa faktor keunggulan bersaing meliputi kualitas, efisiensi, inovasi, dan akuntabilitas berhubungan positif dan signifikan dengan pengembangan produk baru (Hosseini et al., 2018). Untuk benar-benar mewujudkan inovasi dan menuai manfaatnya, seseorang harus menyadari bahwa inovasi adalah tiga hal yang berbeda: inovasi adalah hasil, inovasi adalah proses, dan inovasi adalah pola pikir (Kahn, 2018). Tiga kategori pendorong keberhasilan telah ditetapkan. Pertama, pendorong kesuksesan, yang menjelaskan keberhasilan masing-masing proyek produk baru, lebih taktis: Mereka menangkap karakteristik proyek produk baru, seperti praktik terbaik eksekusi tertentu (membangun suara pelanggan, mengerjakan pekerjaan rumah front-end, dan mengadopsi orientasi global untuk proyek), serta sifat produk itu sendiri (proposisi nilai yang menarik, misalnya) (Cooper, 2019).
Kategori kedua adalah pendorong kesuksesan di tingkat bisnis: Mereka termasuk faktor organisasional dan strategis, seperti strategi inovasi bisnis dan bagaimana perusahaan membuat keputusan investasi, bagaimana mengatur untuk NPD, iklim dan budaya, dan kepemimpinan Kategori ketiga dari penyelam sukses yang diidentifikasi adalah sistem dan metode yang dimiliki perusahaan untuk mengelola NPD, misalnya sistem gating, pendekatan pengembangan Agile, dan metode ideasi (Cooper, 2019).
Menurut Armstrong dan Kotler (2008), pengembangan produk adalah strategi untuk menumbuhkan bisnis dengan memberikan inovasi produk atau produk baru kepada target pasar yang telah ditetapkan. Pengembangan produk dilakukan pada produk fisik dan memastikan ide produk yang ada dapat diubah menjadi produk baru yang lebih efisien. Setiap perusahaan yang beroperasi di bidang yang berbeda akan mengikuti strategi pengembangan produknya sendiri. Beberapa anggota akan berinovasi, sementara yang lain akan fokus pada adaptasi selama pengembangan produk yang sedang berlangsung.
Menurut Keller dan Kotler (2008), ada beberapa jenis strategi pengembangan produk, antara lain:
- Meningkatkan produk yang sudah ada. Artinya perusahaan harus menggunakan fasilitas dan teknologi yang ada untuk menciptakan inovasi baru dan menyempurnakan produk lama. Dengan menggunakan metode ini, perusahaan tidak akan mengambil resiko yang besar. Karena mereka hanya perlu melakukan perubahan total.
- Perluas lini produk dengan menambahkan item ke lini produk yang sudah ada. Anda juga dapat menambahkan produk baru.
- Mengisi ulang produk yang sudah ada. Dalam hal ini perusahaan harus menambah dan memberikan variasi terhadap produk yang sudah ada. Kemudian memperluas segmen pasar dengan melayani berbagai konsumen dengan selera yang berbeda.
- Meniru atau memodifikasi strategi pesaing. Cara ini bisa dilakukan dengan meniru strategi kompetitor yang dianggap menguntungkan. Contohnya harga.
- Penambahan lini produk. Seringkali, perusahaan membutuhkan modal yang signifikan untuk menghasilkan produk baru yang tidak terkait dengan produk yang sudah ada. Memang produk yang belum pernah diproduksi dan fasilitas yang dibutuhkan untuk produksinya membutuhkan modal yang cukup besar.
Siklus hidup produk atau product life cyclce adalah siklus yang pasti terjadi pada suatu produk. Menurut Anderson dan Zeithaml, daur hidup produk adalah suatu konsep yang menggambarkan rangkaian tahapan dari suatu produk sampai dibawa ke pasar dan dikonsumsi oleh masyarakat. Adanya siklus produk dapat membantu produsen menentukan strategi yang tepat saat memasarkan produk tersebut. Selain itu, produsen dapat mengambil langkah untuk memperpanjang umur produk dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas.
Tahap pertama dari siklus hidup produk adalah pengenalan. Pada tahap ini, produk mulai dibuat dari bahan mentah. Produksi yang dihasilkan merupakan produk atau komoditas baru yang beredar di pasaran. Kemudian mulai disuguhkan kepada masyarakat dengan berbagai strategi pemasaran. Tahap pertama dari siklus hidup produk adalah pengenalan. Pada tahap ini, produk mulai dibuat dari bahan mentah. Tahap kedua dari siklus hidup produk adalah fase pertumbuhan. Siklus ini akan menunjukkan apakah produk tersebut layak atau tidak dapat diterima secara sosial. Jika produk belum berhasil diterima oleh masyarakat, perlu dilakukan evaluasi dan penyempurnaan agar produk dapat dikembangkan. manufaktur adalah produk atau barang baru di pasar.
Kemudian mulai disuguhkan kepada masyarakat dengan berbagai strategi pemasaran. Tahap kedewasaan adalah tahap siklus hidup produk setelah pertumbuhan. Pada titik ini, produk secara umum tidak lagi memiliki peningkatan penjualan yang kuat karena orang sudah terbiasa menggunakan produk tersebut. Tahap akhir dari siklus hidup produk adalah fase penurunan. Pada titik ini, produk mengalami penurunan penjualan karena minat konsumen yang semakin berkurang. Hal ini terjadi karena pasar sasaran bosan atau ada perubahan produk.
Pemasar harus mempertimbangkan dengan hati-hati masalah peraturan dan kebijakan publik yang terkait dengan pembelian atau penghentian produk, perlindungan paten, kualitas dan keamanan produk, dan jaminan produk (OC Ferrel & DE Harisson, 2019). Untuk produk baru, pemerintah dapat mencegah perusahaan menambah produk melalui akuisisi jika dampaknya mengancam penurunan persaingan. Perusahaan yang menghentikan penawaran produk harus menyadari bahwa mereka memiliki kewajiban hukum, baik tertulis maupun tersirat, kepada pemasok, pengecer, dan pelanggan yang tertarik dengan produk yang dihentikan.Â
Perusahaan juga harus menghormati undang-undang paten di berbagai negara saat mengembangkan produk baru. Sebuah perusahaan tidak dapat secara ilegal membuat produknya mirip dengan produk perusahaan lain yang sudah bermerek. Produsen harus mematuhi undang-undang khusus, yang berbeda-beda di setiap negara, terkait kualitas dan keamanan produk mereka. Jika konsumen dirugikan oleh produk cacat, mereka dapat menuntut produsen atau pengecer.