Mohon tunggu...
Yoga Prasetya
Yoga Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Penjelajah

Menulis buku: Kepada Toean Dekker (2018), Antologi Kalimats Koma (2019), Retrospeksi Sumir (2020), Semesta Sang Guru (2021), Romansa Kusuma (2022), Astronomi Hati (2023), Kipas Angin (2024)

Selanjutnya

Tutup

Diary

Hidup Sederhana Itu Sebenarnya Mudah, Namun?

31 Januari 2024   15:44 Diperbarui: 31 Januari 2024   16:01 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hidup sederhana itu sebenarnya mudah. Namun, yang bikin kompleks adalah manusianya sendiri. Terkadang, kita ingin ini dan ingin itu banyak sekali, seperti di film animasi Doraemon.

Saya sendiri mencoba untuk hidup sederhana. Namun, selalu gagal. Ada saja keinginan untuk membuat sesuatu yang kompeks dan tidak biasa.

Hidup sederhana versi saya. Bangun tidur ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Kemudian ibadah pagi dan persiapan bekerja.

Di tempat kerja, saya ingin melakukan pekerjaan sesuai jobdesk. Tidak kurang dan tidak lebih. Saat siang, saya mau melakukan ibadah zuhur dan istirahat. 

Karena belum jam pulang, saya melanjutkan bekerja. Lalu, istirahat untuk ibadah asar dan persiapan pulang. Waktu sore di perjalanan menuju rumah.

 Sampai di gubuk sederhana, saya langsung bersih diri dan ibadah magrib. Makan malam dan mengobrol bersama keluarga. Kemudian, sholat isya serta langsung tidur. 

Sederhana bukan?

Tapi, ternyata tidak sesederhana itu kawan. Selalu saja ada tantangan, rintangan, baik dari dalam diri dan lingkungan. Demikian tulisan ini saya buat. Semoga menginspirasi para pembaca.

Salam sehat dan sukses.

Tulisan Yoga Prasetya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun