Mohon tunggu...
Yoga Prasetya
Yoga Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Penjelajah

Menulis buku: Kepada Toean Dekker (2018), Antologi Kalimats Koma (2019), Retrospeksi Sumir (2020), Semesta Sang Guru (2021), Romansa Kusuma (2022), Astronomi Hati (2023), Kipas Angin (2024)

Selanjutnya

Tutup

Cerbung Pilihan

Cerbung: Cendekia Matsadasibon (1)

25 September 2023   07:58 Diperbarui: 25 September 2023   08:17 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerbung. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Yuri B

Cerbung: Cendekia Matsadasibon (1)

Di sebuah madrasah tsanawiyah negeri di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terdapat sebuah komunitas bernama Cendekia Matsadasibon. Komunitas ini beranggotakan para siswa terpilih yang memiliki minat menulis dan membantu BK. Mereka berkumpul untuk belajar dan berdiskusi tentang masalah di sekitar.

Komunitas Cendekia Matsadasibon didirikan oleh ParkYooGa Sensei, seorang guru PPPK yang berasal dari MTsN 1 Kota Malang. Dia  memiliki ketertarikan di bidang sastra dan ingin membantu sekolah untuk menjadi lebih baik. Sensei merasa bahwa sastra merupakan hal yang penting untuk dipelajari, karena dapat membantu para siswa dalam mengembangkan diri dan mengekspresikan diri.

Komunitas Cendekia Matsadasibon berhasil dibentuk karena bantuan dari Ibu Dwi BK dan disetujui oleh Ibu Nurul kepala MTsN 2 Situbondo. Beberapa siswa yang terpilih ada yang mengundurkan diri. Namun, Ibu Dwi meyakinkan Sensei untuk  tidak menyerah.

Saat ini, komunitas sedang mengadakan kegiatan untuk mengumpulkan karya autentik dari siswa. Sebelumnya, mereka telah menyusun satu paragraf masalah yang ditemukan. Sayangnya, tulisan mereka belum bisa dipublikasikan karena memang tujuan awalnya untuk mengetahui kemampuan menulis mereka.

Bagaimana kelanjutan ceritanya?

Cerita bersambung karya Yoga Prasetya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerbung Selengkapnya
Lihat Cerbung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun