Mohon tunggu...
Garoya
Garoya Mohon Tunggu... Karyawan Swasta -

Seorang yang melihat suatu hal selalu dari 2 sisi

Selanjutnya

Tutup

Money

Pelabuhan Terminal Umum Karya Citra Nusantara di Marunda, Masa Depan Tanjung Priok

10 September 2018   16:22 Diperbarui: 10 September 2018   16:29 941
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : ideatree.id

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar Pelabuhan Tanjung Priok? Pelabuhan tersibuk no 1 di Indonesia?

Ya benar karena hingga saat ini arus barang dan arus penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok sangat besar. Hal ini karena pelabuhan yang terletak di Jakarta Utara ini melayani kapal penumpang dan peti kemas.

Berdasarkan data, Selama 2007 hingga 2011, arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok tumbuh rata-rata sebanyak 6,14 persen. Di 2011, arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 74,98 juta ton.

Hmm...dengan arus barang sebanyak itu, tentu diperlukan pelabuhan lainnya yang berfungsi sebagai penopang Pelabuhan Tanjung Priok saat ini.

Tapi saat ini, menurut saya sudah ada pelabuhan yang sudah lama beroperasi dan juga sudah bisa memberikan keuntungan bagi negara. Pelabuhan apa yang saya maksud ?

Pelabuhan itu adalah Pelabuhan Terminal Umum milik PT. Karya Citra Nusantara yang terletak di Marunda. Apalagi saat ini Pelabuhan Terminal Umum milik PT. Karya Citra Nusantara sudah mengoperasikan Pier I yang belum seluruhnya tuntas dari tiga Pier yang direncanakan

Pengembangan Pelabuhan Marunda sendiri telah masuk dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 38/2012 tentang Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Priok. Dalam beleid tersebut, perluasan dan pengembangan Tanjung Priok melingkupi dermaga Tarumanegara, Kali Baru, Marunda, hingga Cilamaya.

Apalagi jika mengutip Direktur National Maritime Institute Siswanto Rusdi di beberapa laman online yang menyebutkan Dengan dasar hitungan kontribusi yang telah negara terima dari KCN pada 2016-2017, Siswanto memperkirakan total potensi kontribusi KCN kepada negara apabila seluruh dermaga Pier I,Pier II dan Pier III beroperasional mencapai Rp 200 miliar per tahun.

Jadi menurut saya, sudah tepat jika Pelabuhan Terminal Umum milik PT. Karya Citra Nusantara menjadi masa depan Pelabuhan Tanjung Priok dengan segala potensi yang sudah ada. Yang diperlukan saat ini, adalah percepatan proses pengembangan Pelabuhan Terminal Umum KCN di Marunda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun