Mohon tunggu...
Yoga Budi Bhakti
Yoga Budi Bhakti Mohon Tunggu... Guru - Pengajar

Individu yang peduli dengan dunia pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level pada Pembelajaran Fisika di Sekolah

9 Januari 2025   15:03 Diperbarui: 9 Januari 2025   15:03 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) adalah strategi pedagogis yang dirancang untuk menyesuaikan pengajaran dengan tingkat pemahaman siswa. Dalam konteks pembelajaran Fisika di sekolah, TaRL dapat membantu mengatasi tantangan heterogenitas kemampuan siswa dalam satu kelas. Pendekatan ini mengharuskan guru untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa melalui asesmen awal dan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan mereka. Dengan demikian, siswa dapat menerima pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka, yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman konsep Fisika secara menyeluruh.

Implementasi TaRL dalam pembelajaran Fisika melibatkan tiga langkah utama. Pertama, guru melakukan diagnostik awal melalui tes singkat untuk mengidentifikasi penguasaan konsep dasar seperti kinematika atau hukum Newton. Kedua, siswa dikelompokkan ke dalam beberapa kategori berdasarkan hasil tes, seperti pemula, menengah, dan mahir. Ketiga, guru menyusun kegiatan pembelajaran yang berbeda untuk setiap kelompok, misalnya eksperimen sederhana untuk pemula, analisis masalah untuk siswa menengah, dan proyek berbasis aplikasi untuk siswa mahir. Pendekatan ini memastikan bahwa setiap siswa memperoleh pengalaman belajar yang sesuai dengan tingkat mereka.

Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) menunjukkan bahwa penerapan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Fisika. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan memahami konsep dasar menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai tes setelah mendapatkan pengajaran yang disesuaikan. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi kelas, terutama karena mereka merasa lebih percaya diri belajar dalam kelompok dengan kemampuan yang serupa. Guru juga merasa lebih terarah dalam menyampaikan materi dan memberikan pendampingan.

Dalam implementasinya, pendekatan TaRL membutuhkan komitmen dari guru untuk melakukan asesmen yang berkala serta fleksibilitas dalam perencanaan pembelajaran. Tantangan seperti alokasi waktu dan ketersediaan sumber daya pembelajaran perlu diatasi agar pendekatan ini dapat berjalan dengan efektif. Meskipun demikian, TaRL memberikan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika di sekolah, terutama dalam membangun dasar yang kuat bagi siswa untuk memahami konsep-konsep yang lebih kompleks di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun