Mohon tunggu...
Muhammad Yoga Bintang
Muhammad Yoga Bintang Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Uin Maulana Malik Ibrahimm Malang

Hanya Seorang gabut yang iseng memasukan keseharian di Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKM 34 Uin Maulana Malik Ibrahim Malang 2024 Membanngun Semangat Belajar Melalui Fun Game

12 Januari 2024   08:32 Diperbarui: 12 Januari 2024   08:34 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi KKM-34 Uin Maulana MAlik Ibrahim MAlang 

Pada hari Selasa, 9 Januari 2024, mahasiswa KKM Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) mengadakan pembukaan pengabdian KKM mengajar di TK Dharma Wanita Persatuan Pandasari Lor 1. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak TK, sekaligus meningkatkan keterampilan mengajar dan berinteraksi dengan masyarakat bagi mahasiswa KKM.

Kegiatan pembukaan KKM diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah TK Dharma Wanita Persatuan Pandasari Lor 1 dan juga sambutan dari ketua KKM kelompok 34. Kegiatan fun game ini diawali dengan senam ceria yang dipandu oleh mahasiswa KKM sebagai pembuka kegiatan dan dilanjutkan dengan berbagai permainan, seperti pindah balon dengan karet gelang dan game estafet gelas balon. Fun game ini diikuti oleh siswa dan siswi TK kelas A dan kelas B, yang berjumlah sekitar 27 orang. Tujuan dari fun game ini adalah untuk membangun keakraban dan keceriaan antara anak-anak TK dan mahasiswa KKM, serta melatih kerja sama dan kreativitas anak-anak.

Antusiasme terpancar dari wajah-wajah siswa dan siswi TK yang siap berpartisipasi dalam permainan seru ini. Dalam fun game kali ini, siswa dan siswi kelas TK kelas A dan kelas B diajak untuk berpartisipasi secara aktif. Berbagai permainan yang dipilih dengan konsep edukatif menjadi pilihan utama, sehingga kegiatan fun game ini bukan hanya sekadar hiburan semata, melainkan langkah awal untuk membuka lembaran baru dalam pembelajaran yang menyenangkan. Mahasiswa KKM dengan penuh semangat untuk memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan melalui kegiatan fun game sebagai sarana untuk mengasah keterampilan dan semangat berkompetisi.

Senam Ceria: Awal yang Penuh Semangat

Kegiatan fun game diawali dengan senam ceria, para siswa dan siswi TK dipersilakan untuk mengikuti kegiatan senam ceria yang dipandu oleh para mahasiswa KKM. Senam tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga menciptakan suasana akrab dan penuh semangat. Musik riang mengiringi langkah-langkah kecil mereka, menciptakan energi positif untuk mengawali kegiatan fun game.

Game Pindah Gelas dengan Karet Gelang: Membangun Teamwork dan Semangat Berkompetisi

Setelah senam, rangkaian fun game dimulai dengan permainan pindah gelas menggunakan karet gelang. Siswa dan siswi antusias menyambut permainan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mengasah keterampilan team work dan semangat berkompetisi mereka. Memindahkan gelas dari satu tempat ke tempat lain dengan karet gelang memerlukan kerjasama dan koordinasi yang baik, menjadi pengalaman pembelajaran yang berharga. Para siswa siswi akan berusaha semaksimal mungkin dengan mengandalkan teamwork untuk mencapai kemenangan.

Game Estafet Gelas Balon: Mengasah Fokus dan Teamwork

Selanjutnya, game estafet gelas balon menjadi tantangan seru bagi siswa dan siswi. Mereka dibagi menjadi tim-tim kecil, di mana setiap anggota tim harus berlomba dengan hati-hati untuk mengantarkan gelas dengan menggunakan balon dari ujung lapangan ke ujung lainnya. Game ini tak hanya membangun teamwork, tetapi juga semangat berkompetisi yang sehat. Para siswa siswi harus menggunakan fokus mereka agar dapat memindahkan gelas dengan balon agar sampai pada ujung lapangan, karena game ini tidaklah mudah tanpa menggunakan fokus yang besar.

Kegiatan fun game ini bukan semata sebagai penghibur, tetapi juga mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya belajar dengan cara yang menyenangkan. Melalui kesenangan, proses pembelajaran diharapkan dapat menjadi pengalaman yang lebih melekat dalam ingatan anak-anak. Harapan terbesar adalah agar keceriaan dan semangat yang dihadirkan melalui fun game dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan antusias dan semangat dalam belajar siswa dan siswi. Melalui pengabdian ini, diharapkan tumbuh generasi yang cerdas, berdaya saing, dan penuh semangat untuk mencapai cita-cita mereka di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun