Toko online adalah suatu metode atau bisnis yang menyediakan produk di Internet sehingga pengunjung toko  online  dapat melihat produk yang ada di toko online tersebut. Konsumen dapat melihat barang dalam bentuk gambar, foto, bahkan video. Toko online dapat digambarkan sebagai tempat penjualan yang sebagian besar aktivitasnya dilakukan secara online melalui Internet. Toko online menawarkan berbagai kemudahan kepada konsumen, seperti pengurangan biaya, produk diantar langsung ke rumah, pembayaran melalui transfer bank, dan harga yang kompetitif.
Kelebihan dan Kekurangan Toko Online
Kelebihan Toko Produk Online adalah nyaman (tidak perlu  ke pasar untuk mencari produk yang dicari), ekonomis (tidak perlu mengeluarkan uang). (akan terbuang sia-sia selama perjalanan ke pasar). efektif (tidak perlu membuang waktu untuk membeli barang yang dicari).
Namun selain kelebihan belanja online, ada juga kekurangannya seperti ketidakpuasan terhadap produk karena berbeda dengan foto, pengiriman sampai tujuan karena alamat salah, dan penipuan akibat produk yang dibeli.
Tidak ada yang terkirim dan penjual menghilang begitu saja tanpa peringatan.
Saya memiliki rasa tanggung jawab.
Belanja online adalah  perdagangan elektronik dimana konsumen membeli barang langsung dari penjual tanpa menggunakan jasa perantara yang diiklankan penjual melalui website. Pelanggan dapat membeli produk yang mereka inginkan tanpa bertemu langsung, sehingga hemat waktu dan nyaman. Konsumen juga dapat melihat barang berupa gambar, foto, bahkan video.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H