Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan terbesar didunia, kaya akan budaya, memiliki populasi penduduk yang dinamis dan beragam. Keberagaman tersebut dapat dilihat dari adanya rentang usia generasi penduduk yang terdapat di Negara Indonesia.
Perbedaan perspektif dalam budaya antar generasi menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas dalam kehidupan masyarakat yang terus berkembang.
Dua generasi tersebut antara lain Generasi X (Gen X) yang terlahir pada tahun 1960 sampai 1980 dan Generasi Z (Gen Z) yang lahir pada tahun 1990 sampai 2010.
Dari adanya kedua generasi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan, yang dimana pada Gen X mengalami masa remaja sebelum era digital mengambil alih, dan harus berhadapan dengan transisi ke dunia teknologi yang modern, sementara pada Gen Z sendiri terlahir pada era digital dengan kemajuan teknologi, yang membuat pada generasi ini tidak dapat terlepas dari internet.
Perbedaan dari kedua generasi tersebut juga dapat dilihat dari karakteristik setiap generasi, seperti dalam hal pemanfaatan teknologi, pandagan terkait pekerjaan, komunikasi, dan konsumerisme.
Pemanfaatan Teknologi
Aktivitas manusia akan lebih mudah dengan adanya kemajuan teknologi. Akan tetapi, dalam penggunaan teknologi tersebut tidak semua kalangan familiar akan cara penggunaanya, hal ini tampak pada perbedaan penggunaan teknologi dari tiap generasi.
Gen X tumbuh di era transisi teknologi, mereka beradaptasi dengan teknologi baru namun tidak sepenuhnya bergantung terhadap teknologi tersebut. Penggunaan teknologi oleh Gen X dicirikan dengan tindakan penyeimbangan antara yang lama dan yang baru, pada generasi ini lebih nyaman dengan teknologi analog dan digital yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional dan inovasi mutakhir.
Padangan Gen X terhadap teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka sebagai peningkatan produktivitas dan konektivitas dalam menghargai interaksi seperti melalui tatap muka dengan cara daring. Sedangkan Gen Z terlahir di era digital, mereka terbiasa menggunakan teknologi dan interen sebagai bagian dari kehidupannya.Â
Pada generasi ini sangat mahir dalam memanfaatkan teknologi untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari seperti bersosialisasi, belajar, dan bekerja. Terdapat 5,1 miliar pada mesin pencarian Google di dunia per hari, 4 miliar tampilan Youtube, dan lebih dari satu miliar akun Facebook aktif di dunia yang didominasi oleh Gen Z.