Mohon tunggu...
Yf. A Is
Yf. A Is Mohon Tunggu... -

Sering kali aku berkata, ketika orang memuji milikku, bahwa sesungguhnya ini hanya titipan, bahwa mobilku hanya titipan Nya, bahwa rumahku hanya titipan Nya, bahwa hartaku hanya titipan Nya, bahwa putraku hanya titipan Nya, tetapi, mengapa aku tak pernah bertanya, mengapa Dia menitipkan padaku? Untuk apa Dia menitipkan ini pada ku? Dan kalau bukan milikku, apa yang harus kulakukan untuk milik Nya ini? Adakah aku memiliki hak atas sesuatu yang bukan milikku? Mengapa hatiku justru terasa berat, ketika titipan itu diminta kembali oleh-Nya ? Ketika diminta kembali, kusebut itu sebagai musibah kusebut itu sebagai ujian, kusebut itu sebagai petaka, kusebut dengan panggilan apa saja untuk melukiskan bahwa itu adalah derita. Ketika aku berdoa, kuminta titipan yang cocok dengan hawa nafsuku, aku ingin lebih banyak harta, ingin lebih banyak mobil, lebih banyak rumah, lebih banyak popularitas, dan kutolak sakit, kutolak kemiskinan, Seolah semua "derita" adalah hukuman bagiku. Seolah keadilan dan kasih Nya harus berjalan seperti matematika : aku rajin beribadah, maka selayaknyalah derita menjauh dariku, dan Nikmat dunia kerap menghampiriku. Kuperlakukan Dia seolah mitra dagang, dan bukan Kekasih. Kuminta Dia membalas "perlakuan baikku", dan menolak keputusanNya yang tak sesuai keinginanku, Gusti, padahal tiap hari kuucapkan, hidup dan matiku hanyalah untuk beribadah... "ketika langit dan bumi bersatu, bencana dan keberuntungan sama saja" (WS Rendra) Tentang Saya: Ya Allah Yaa Rabb, jika ibadahku kepada-MU hanyalah dikarenakan keinginanku masuk ke dalam surga-MU, maka tutuplah surga-MU bagiku. Ya Allah Yaa Rahman, jika ibadahku kepada-MU hanyalah karena aku takut pada neraka-MU, maka masukanlah diriku ini dalam neraka-MU. Namun, Ya Allah Yaa Rahiim , jika aku beribadah kepada-MU dikarenakan kecintaanku pada-MU,dan rinduku akan hidayah-MU, maka terima dan Ridhloilah amal-ibadahku. Ya Allah Yaa Malik, jika bekerjaku hanyalah karena keinginanku akan harta dan tahta duniawi maka hapuskanlah harta dan tahta duniaku. Namun YA Allah Yaa Quds, apabila aku bekerja untuk memenuhi kewajibanku pada-MU maka semoga Barakah dan Ridhlo-MU senantiasa bersamaku. Ya Allah Yaa Salaam, karunikanlah kpdku agar dpt mencintai-MU dan mencintai orang yg cinta kpd-MU. Bila ANDA mau bergabung dan menjadi pengingat dikala aku lupa dan tersesat... Bila ANDA mau berbagi untuk mendapatkan cintaNYA ... ANDA adalah Sahabat, Saudara, Kekasih bagiku.....

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Allah Ada di Balik Semua Keadaan

23 Januari 2010   07:38 Diperbarui: 26 Juni 2015   18:18 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Saat semua "seolah" berjalan sesuai yang menurut apa yang aku fikirkan, rencanakan aku lupa bahwa DIA yang sesungguhnya mengatur semuanya, dan aku berjalan sesuai mauku seolah DIA tiada.

Dan ketika semua berubah tidak seperti yang aku harapkan,

ومكروا ومكر الله والله خير الماكرين

(QS.3:54)

سنريهم آياتنا في الآفاق وفي أنفسهم حتى يتبين لهم أنه الحق أولم يكف بربك أنه على كل شيء شهيد

(QS.41:53)

aku terhenyak:

"jika aku tak mampu mengingat DIA diwaktu senang, maka jangan salahkan DIA ketika mengingatkanku melalui pintu-pintu kesusahan sehingga aku sadar bahwa DIA ada dan DIA selalu harus kuingat"

aku pun teringat nasehat Ustadz Yusuf Mansyur:

"Permasalahan apapun yang engkau hadapi, entah itu bernuansa ujian atau azab, Allah Maha Kuasa untuk menolong, maka yakinkan diri bahwa Allah sungguh Maha Kuasa untuk menolong...."

akupun bermunajat:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun