Perkembangan modernisasi pada saat ini terus melesat hingga menyentuh banyak sector dalam kehidupan masyarakat baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, hingga jasa. Perkembangan ini membawa banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Salah satu bidang yang digandrungi saat ini yaitu digitalisasi dalam sector jasa. Digitalisasi dalam sector jasa ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan jasa dengan lebih mudah dan praktis.Â
Banyak sekali aplikasi-aplikasi online yang menawarkan kemudahan dalam menyewa jasa. Sebagai contoh dalam aplikasi belanja online pelanggan akan lebih mudah untuk membeli barang hanya dengan membuka aplikasi di ponsel dan memilih barang yang ingin dibeli. Selain itu kebanyakan aplikasi belanja online banyak menawarkan barang dengan harga yang murah dan berkualitas serta menerapkan adanya sistem voucher. Aplikasi belanja online ini mempermudah masyarakat dalam belanja tanpa harus datang ke tokonya karena barang akan diantarkan oleh kurir langsung ke alamat tujuan sehingga menjadi lebih praktis.Â
Selain aplikasi belanja online ada juga aplikasi lain yaitu ojek online yang mempermudah dalam hal transportasi. Lagi-lagi hanya dengan mengklik aplikasi dan menentukan alamat tujuan pelanggan akan lebih mudah dalam berpergian dengan menggunakan motor ataupun mobil. Selain itu aplikasi ojek online sekarang ini telah berkembang pesat sehingga akan lebih mudah dalam menyewa jasanya dimana saja dan kapan saja. Keunggulan lainnya yaitu tidak hanya mengantarkan pelanggan, ojek online ini juga bisa mengantarkan barang dan juga makanan dengan cara memesan terlebih dahulu di aplikasi. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi seseorang yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak ataupun ingin mendapatkan hal yang lebih praktis.
Kemudian dari uraian di atas kita bisa menilai beberapa kekurangan dan kelebihan dari digitalisasi sector jasa antara lain kelebihannya yaitu