Mohon tunggu...
yenny rohmahmaulidyah
yenny rohmahmaulidyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Masih tahap belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jangan Hanya Menerapkan Saja, tetapi Assesment Juga Perlu Dipelajari Nih

8 Desember 2020   22:59 Diperbarui: 8 Desember 2020   23:15 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tinjauan mengenai assesmen (ebook john salvia hal.1)

Evaluasi adalah proses pengumpulan data yang dirancang untuk mengambil keputusan tentang siswa atau sekolah. Sekolah menggunakan informasi penilaian untuk menentukan apa yang telah dipelajari siswa, apa dan di mana mereka harus diajar, dan jenis layanan terkait yang mereka butuhkan (misalnya, layanan bahasa dan bahasa serta layanan psikologis). Salah satu tujuan evaluasi informasi adalah untuk mengambil keputusan tentang sekolah. Distrik sekolah semakin bertanggung jawab atas kinerja siswa.

Saat kami mengevaluasi siswa, kami dapat mengukur kemahiran mereka. Secara khusus, kami mengukur kemajuan mereka, yaitu tujuan mencapai kemampuan yang sekolah atau orang tua ingin mereka kuasai.

Pada dasarnya asesmen perkembangan anak dalam pembelajaran anak usia dini lebih tepat disebut asesmen perkembangan. Jamaris (2006: 164, dalam Yuliani, 2009: 2) menjelaskan bahwa evaluasi pendidikan anak usia dini merupakan suatu proses kegiatan. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan data atau bukti tentang perkembangan dan hasil belajar yang berkaitan dengan perkembangan anak usia dini. Sementara itu, Purwanto (1984: 3, Yuliani, 2009: 2) menjelaskan bahwa kegiatan evaluasi adalah suatu proses perencanaan, memperoleh data dan memberikan informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan tentang alternatif.

Proses evaluasi dimulai dengan pengumpulan data atau informasi, kemudian menganalisis, menafsirkan, dan membuat keputusan tentang data atau informasi yang dikumpulkan. Proses yang termasuk dalam penilaian merupakan proses yang berkelanjutan. Kegiatan evaluasi tidak akan dilakukan di akhir kegiatan, tetapi sangat penting untuk menjadikan informasi hasil evaluasi lebih bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.

Tujuan dari asesmen perkembangan anak usia dini meliputi:

Temukan perkembangan dan arah evaluasi diagnostik jika diindikasikan, termasuk deteksi status kesehatan anak usia dini, kepekaan sensorik, bahasa, keterampilan motorik umum, keterampilan motorik halus dan perkembangan sosial emosional

Tentukan minat dan kebutuhan anak kecil

Jelaskan kemajuan perkembangan dan pembelajaran anak kecil

Kembangkan kurikulummemperbaiki dan mengembangkan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak usia dini, dan

mengasesmen program dan lembaga (Akuntabilitas program dan lembaga). Sedangkan hasil asesmen perkembangan anak usia dini dapat digunakan untuk keperluan administratif, kegiatan pembelajaran, bimbingan dan konseling, serta penelitian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun